Penggunaan media pembelajaran berbasis E-Learning Google Site untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada pembelajaran Bahasa Arab : Penelitian Di MAN 02 Kota Bandung

Ferdinand, Ilham (2023) Penggunaan media pembelajaran berbasis E-Learning Google Site untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada pembelajaran Bahasa Arab : Penelitian Di MAN 02 Kota Bandung. Masters thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (664kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (924kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (596kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB (1).pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB (2).pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB (3).pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB (4).pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB (5).pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi memberikan banyak pengaruh terhadap tatanan kehidupan manusia, manusia dapat mengakses apapun yang dibutuhkan dengan mudah dan instan, begitupun dengan adanya perkembangan teknologi bisa membantu memudahkan urusan dan pekerjaan manusia dan beberapa aspek terutama perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi memberikan pengaruh cukup besar terhadap aspek pendidikan. Penelitian ini didasari oleh permasalahan yang dialami siswa dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini akan diringkas menjadi tiga, diantaranya untuk mengetahui: 1). Minat dan hasil belajar siswa pada pembelajaran bahasa arab sebelum penggunaan media pembelajaran berbasis e-learning google sites pada pembelajaran bahasa arab di kelas X MAN 02 Kota Bandung; 2). Minat dan hasil belajar siswa pada pembelajaran bahasa arab setelah penggunaan media pembelajaran berbasis e-learning google site pada pembelajaran bahasa arab di kelas X MAN 02 Kota Bandung. 3). Pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis e-learning google sites untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada pembelajaran bahasa arab di kelas X MAN 02 Kota Bandung. Penelitian ini bersandar pada kerangka berfikir yang berkaitan dengan indikator dari minat belajar adalah 1) perasaan senang, 2) ketertarikan untuk belajar, 3) menunjukkan perhatian saat belajar, 4) keterlibatan dalam belajar. Sedangkan indikator hasil berlajar siswa, menurut Moore (dalam Ricardo & Meilani, 2017) indikator hasil belajar ada tiga ranah, yaitu 1) Ranah kognitif, diantaranya pengetahuan, pemahaman, pengaplikasian, pengkajian, pembuatan, serta evaluasi.2) Ranah efektif, meliputi penerimaan, menjawab, dan menentukan nilai.3) Ranah psikomotorik, meliputi fundamental movement, generic movement, ordinative movement, creative movement. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penellitian ini yaitu pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperiment. Peneliti menggunakan observasi, wawancara, tes dan studi pustaka untuk mengumpulkan data yang dibutuhkan. Dan peneliti menggunakan analisis deskriptif, uji normalitas, uji t berpasangan dengan bantuan SPSS versi 26.0. Hasil penelitian menunjukan: 1). Minat dan hasil belajar siswa sebelum perlakukan pada kelas eksperimen rendah begitu juga dengan kelas kontrol; 2). Minat dan hasil belajar siswa setelah perlukan di kelas eksperimen adanya peningkatan baik dalam minat maupun hasil belajar. Sedangkan kelas kontrol relative rendah. 3). Terdapat Pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis e-learning google sites untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada pembelajaran bahasa arab di kelas X MAN 02 Kota Bandung. Oleh karena itu, penerapan media ini cukup efektif. Media juga memiliki dampak positif dan negatif ketika digunakan sebagai sarana pembelajaran pembelajaran bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Google Site; Minat; Hasil Belajar
Subjects: Arabic
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Ilham Ferdinand
Date Deposited: 14 Sep 2023 00:55
Last Modified: 14 Sep 2023 00:55
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/77095

Actions (login required)

View Item View Item