Nafista, Novanca (2023) Pemanfaatan TikTok sebagai media distribusi informasi alternatif media Inspira TV. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (196kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (256kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (235kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf Download (418kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2 (3).pdf Restricted to Registered users only Download (362kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (748kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (220kB) |
||
Text
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (232kB) |
Abstract
Berkembangnya teknologi komunikasi dari masa ke masa, menuntut media arus utama untuk dapat mengikuti alur perkembangan teknologi. Salah satu media yang terdampak di era society 5.0 saat ini adalah televisi. Berdasarkan perubahan yang terjadi, secara tidak langsung melahirkan tuntutan bagi para pelaku bisnis media untuk bertransformasi dari berbagai aspek. Hadirnya media sosial, terkhususnya TikTok dijadikan sebagai saluran alternatif dalam menyebarluaskan informasi kepada khalayak. Popularitas media sosial TikTok dua tahun terakhir berhasil mencuri perhatian masyarakat, sehingga banyak media memanfaatkan peluang yang ada. Salah satunya adalah media televisi digital Inspira TV yang turut memanfaatkan TikTok sebagai media distribusi informasi alternatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan TikTok oleh media Inspira TV berdasarkan dari latar belakang menggunakan TikTok untuk pendistribusian informasi, kontruksi TikTok yang dilakukan, serta strategi pemanfaatan media Inspira TV menggunakan TikTok. Penelitian ini didasari oleh empat elemen pada teori Social Contruction of Technology (SCoT) yang dipopulerkan oleh Bijker dan Pinch. Teori ini memiliki pandangan bahwa hadirnya teknologi merupakan hasil kontruksi sosial dan media turut berperan dalam mengkontruksi fenomena yang terjadi. Hal tersebut sejalan dengan penelitian ini, sebab media Inspira TV memanfaatkan dan mengkontruksi TikTok dipengaruhi oleh fenomena masyarakat yang menggunakan TikTok. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Kemudian, paradigma yang digunakan yaitu paradigma kontruktivisme yang menghasilkan penelitian dalam bentuk deskripsi non numerik. Data-data yang didapatkan berdasarkan hasil wawancara, observasi dan juga dokumentasi secara langsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Inspira TV memanfaatkan TikTok sebagai media alternatif dalam pendistribusian informasi, hasil penelitian selaras dengan empat komponen pada teori SCoT yaitu relevant social group, interpretative flexibility, closure and definition dan wider context.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemanfaatan TikTok; Distribusi Informasi; Social Contruction of Technology |
Subjects: | Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik |
Depositing User: | Novanca Nafista |
Date Deposited: | 13 Sep 2023 02:05 |
Last Modified: | 14 Sep 2023 01:48 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/77136 |
Actions (login required)
View Item |