Implementasi model pembelajaran Inkuiri pada Mata Pelajaran Qur'an Hadits dalam pembentukan kemampuan berpikir kritis siswa : Penelitian di madrasah Aliyah Al Ittihad Batujajar

Arafat, Syamsul (2020) Implementasi model pembelajaran Inkuiri pada Mata Pelajaran Qur'an Hadits dalam pembentukan kemampuan berpikir kritis siswa : Penelitian di madrasah Aliyah Al Ittihad Batujajar. Masters thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (COVER)
Cover.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
Daftar Isi.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
Bab I.pdf

Download (185kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (439kB)
[img] Text (BAB III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (237kB)
[img] Text (BAB IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (488kB)
[img] Text (BAB V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB)

Abstract

Mayoritas guru-guru Madrasah masih menggunakan model konvensional dalam kegiatan pembelajarannya di dalam kelas. Masih sedikit diantara mereka yang mau berinovasi dan berpikir kreatif untuk mencoba model pembelajaran lain yang lebih bermakna, menyenangkan dan efektif sehingga kegiatan pembelajaran lebih bervariatif. Satu diantaranya adalah guru mata pelajaran Qur’an Hadits yang mencoba mendesain dan mengimplementasikan model pembelajaran inkuiri dalam kegiatan pembelajarannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalis tentang: 1) tujuan dari model pembelajaran inkuiri yang diimplemenatsikan pada mata pelajaran Qur’an Hadits di Madrasah Aliyah al Ittihad. 2) desain model pembelajaran inkuiri yang akan diimplementasikan pada mata pelajaran Qur’an Hadits di Madrasah tersebut. 3) Implementasi model pembelajaran inkuiri di dalam kelas di Madrasah tersebut. 4) evaluasi model pembelajaran inkuiri pada mata pelajaran Qur’an hadits serta kaitannya dalam pembentukan kemampuan berpikir kritis siswa. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori inkuiri sosial yang sintaknya meliputi tahapan orientasi, merumuskan masalah, merumuskan hipotesis, mengeksplorasi atau menemukan data, menguji hipotesis serta merumuskan kesimpulan. Adapun ukuran kemampuan berpikir kritis siswa menggunakan rumusan berpikir kritis Ennis yaitu: penjelasan sederhana, Membangun keterampilan dasar, Menyimpulkan, Memberikan penjelasan lanjut, dan mengatur strategi dan taktik. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer, yaitu sebanyak 10 orang siswa yang diwawancara, beserta data sekunder, yaitu guru mata pelajatan Qur’an Hadits dan kepala Madrasah. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melakukan pengamatan/observasi, dan wawancara kepada sumber primer dan sekunder. Teknik analisis datanya berupa reduksi data dan penyimpulan serta verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) tujuan dari diimplementasikannya model inkuiri di Madrasah Aliyah al Ittihad bersifat teknis dan non teknis. Bersifat teknis maksudnya tujuan yang berkaitan langsung dengan pembelajaran di kelas, yaitu menjadikan pembelajaran menjadi bermakna, menyenangkan dan bervariatif. Bersifat non teknis maksudnya tujuan di luar kelas yaitu menjadikan guru professional dan mempunyai kompetensi pedagogic. 2) desain sintaknya telah sesuai dengan rumusan sintak menurut teori inkuiri sosial. 3) implementasinya dilakukan dengan sistem kerja kelompok. Guru memberikan umpan dengan mengajukan permasalahan yang harus dipecahkan oleh siswa dan dicarikan jawaban sampai solusi alternatifnya. 4) evaluasi yang digunakan adalah penilaian otentik, yaitu penilaian terhadap unjuk kerja siswa. Penilain ini menilai seluruh performa siswa dari awal sampai akhir pembelajaran. Implementasi model ini secara umum telah membentuk kemampuan berpikir kritis siswa walaupun belum maksimal terutama dalam beberapa komponennya.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: implementasi pembelajaran inkuiri
Subjects: Education, Research
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: syamsul arafat
Date Deposited: 14 Sep 2023 02:17
Last Modified: 14 Sep 2023 02:17
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/77253

Actions (login required)

View Item View Item