Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan pendekatan Flipped Classroom terhadap hasil belajar peserta didik pada materi sistem ekskresi

Amalia, Diny Nur (2023) Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan pendekatan Flipped Classroom terhadap hasil belajar peserta didik pada materi sistem ekskresi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI_.pdf

Download (473kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (201kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (378kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (340kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (250kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (66kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (67kB)

Abstract

Inkuiri Terbimbing merupakan salah satu model pembelajaran yang berpusat pada peserta didik. Model pembelajaran inkuiri terbimbing adalah pendekatan pembelajaran yang menghasilkan suasana pembelajaran yang dinamis dan interaktif bagi peserta didik yang tahapannya dimulai dari pengumpulan data hingga kesimpulan suatu permasalahan yang masih dalam bimbingan guru. Adapun pendekatan flipped classroom yang diterapkan bersama inkuiri terbimbing dapat menciptakan kemandirian dalam belajar bagi peserta didik di rumah dan menciptakan keaktifan peserta didik saat di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan pendekatan Flipped Classroom Terhadap Hasil belajar Peserta Didik pada Materi Sistem Ekskresi. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian quasi eksperiment melalui instrument penelitian berupa pretest, posttest, lembar observasi dan angket respon peserta didik. Hasil realitas penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran memperoleh kriteria sangat baik dengan hasil nilai rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 82.36 dan kelas kontrol sebesar 72.08. Sedangkan hasil N-Gain yang diperoleh pada kelas eksperimen sebesar 0,72 kategori tinggi dan kelas kontrol sebesar 0,54 dengan kriteria sedang. Hasil uji hipotesis menggunakan Uji Mann-Whitney menunjukkan sig. 2-tailed (0,001) ≤ ttabel (α= 0,05) yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Kemudian respon siswa yang diperoleh dari angket respon siswa menunjukkan nilai rata-rata sebesar 81.5 dengan kriteria sangat kuat. Sehingga berdasarkan realitas hasil penelitian ini model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Pendekatan Flipped Classroom berpengaruh positif terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Inkuiri Terbimbing; Flipped Classroom; Hasil Belajar
Subjects: Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Diny Nur Amalia
Date Deposited: 14 Sep 2023 03:45
Last Modified: 14 Sep 2023 04:05
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/77254

Actions (login required)

View Item View Item