Amalia, Diny Nur (2023) Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan pendekatan Flipped Classroom terhadap hasil belajar peserta didik pada materi sistem ekskresi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
COVER.pdf Download (75kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (171kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI_.pdf Download (473kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (201kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (378kB) |
||
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (340kB) |
||
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (250kB) |
||
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (66kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (67kB) |
Abstract
Inkuiri Terbimbing merupakan salah satu model pembelajaran yang berpusat pada peserta didik. Model pembelajaran inkuiri terbimbing adalah pendekatan pembelajaran yang menghasilkan suasana pembelajaran yang dinamis dan interaktif bagi peserta didik yang tahapannya dimulai dari pengumpulan data hingga kesimpulan suatu permasalahan yang masih dalam bimbingan guru. Adapun pendekatan flipped classroom yang diterapkan bersama inkuiri terbimbing dapat menciptakan kemandirian dalam belajar bagi peserta didik di rumah dan menciptakan keaktifan peserta didik saat di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan pendekatan Flipped Classroom Terhadap Hasil belajar Peserta Didik pada Materi Sistem Ekskresi. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian quasi eksperiment melalui instrument penelitian berupa pretest, posttest, lembar observasi dan angket respon peserta didik. Hasil realitas penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran memperoleh kriteria sangat baik dengan hasil nilai rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 82.36 dan kelas kontrol sebesar 72.08. Sedangkan hasil N-Gain yang diperoleh pada kelas eksperimen sebesar 0,72 kategori tinggi dan kelas kontrol sebesar 0,54 dengan kriteria sedang. Hasil uji hipotesis menggunakan Uji Mann-Whitney menunjukkan sig. 2-tailed (0,001) ≤ ttabel (α= 0,05) yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Kemudian respon siswa yang diperoleh dari angket respon siswa menunjukkan nilai rata-rata sebesar 81.5 dengan kriteria sangat kuat. Sehingga berdasarkan realitas hasil penelitian ini model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Pendekatan Flipped Classroom berpengaruh positif terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Inkuiri Terbimbing; Flipped Classroom; Hasil Belajar |
Subjects: | Biology > Education, Research, Related Topics of Biology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Diny Nur Amalia |
Date Deposited: | 14 Sep 2023 03:45 |
Last Modified: | 14 Sep 2023 04:05 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/77254 |
Actions (login required)
View Item |