Pengelolaan Digital Public Relations Melalui Instagram Bapenda Provinsi Jawa Barat Dalam Diseminasi Informasi (Studi Deskriptif Pada Humas Bapenda Jabar)

Gumelar, Muhammad Rezky (2023) Pengelolaan Digital Public Relations Melalui Instagram Bapenda Provinsi Jawa Barat Dalam Diseminasi Informasi (Studi Deskriptif Pada Humas Bapenda Jabar). Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (348kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (211kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (92kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (764kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (139kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (250kB) | Request a copy

Abstract

Instansi pemerintahan di masa sekarang turut memanfaatkan penggunaan internet dalam memenuhi kebutuhan informasi publik. Instagram menjadi salah satu media penyebaran informasi yang banyak digunakan instansi pemerintahan dan masyarakat untuk saling berinteraksi. Humas Bapenda Jabar aktif melakukan diseminasi informasi kepada publik melalui pengelolaan media sosial yang mereka lakukan. Pengelolaan media sosial Instagram memiliki peranan penting bagi humas Bapenda Jabar dalam hal penyebarluasan informasi dan menjalin interaksi dengan publiknya secara efektif dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan mengenai proses pengelolaan media sosial Instagram yang dilakukan humas Bapenda Jabar dalam melakukan diseminasi informasi kepada publik dengan menggunakan konsep Four Step Public Relations yang meliputi proses pencarian fakta dan informasi, perencanaan, pengambilan aksi dan komunikasi, serta evaluasi. Penelitian ini dilandasi dengan paradigma konstruktivistik dengan pendekatan kualitatif dan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi partisipatori pasif dan wawancara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas pengelolaan media sosial Instagram yang dilakukan humas Bapenda Jabar dalam diseminasi informasi dilalui dengan melakukan empat tahapan, yaitu tahap pencarian fakta dan informasi dengan melakukan analisis situasi, tahap perencanaan melalui pendefinisian peran dan tujuan serta perencanaan konten, tahap pengambilan aksi dan komunikasi melalui pembuatan konten, mengunggah postingan, merespons audiens dan koordinasi serta pengoptimalan sumber daya, dan tahap evaluasi melalui evaluasi hasil yang berorientasi pada tujuan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah humas Bapenda Jabar telah turut melaksanakan praktik digital public relations pada proses pengelolaan Instagram yang dilakukan dalam upaya diseminasi informasi kepada publik, dengan menerapkan konsep Four Step Public Relations. Pengelolaan yang dilakukan turut memberi andil pada pencapaian yang diraih Bapenda Jabar, yaitu meningkatnya pendapatan Jawa Barat dan diraihnya sejumlah penghargaan dalam hal pengelolaan media sosial.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan; Digital Public Relations; Instagram; Diseminasi Informasi
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations
Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: Muhammad Rezky Gumelar
Date Deposited: 14 Sep 2023 04:52
Last Modified: 14 Sep 2023 04:52
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/77357

Actions (login required)

View Item View Item