Pemanfaatan media sosial TikTok sebagai media penyebaran berita pada Inspira TV : Studi deskriptif pada akun TikTok @beritainspira_

Oktavia, Rieke (2023) Pemanfaatan media sosial TikTok sebagai media penyebaran berita pada Inspira TV : Studi deskriptif pada akun TikTok @beritainspira_. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (544kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (441kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB) | Request a copy

Abstract

Pada era digital saat ini, media sosial telah menjadi platform yang sangat berpengaruh dalam penyebaran informasi. Salah satu media sosial yang sedang populer saat ini yaitu TikTok. Kini, sudah banyak media mainstream yang memanfaatkan TikTok sebagai media penyebaran berita salah satunya yaitu Inspira TV. Fitur yang beragam, kecepatan informasi, mudah dijangkau, serta tampilan yang mudah dimengerti mampu menarik perhatian masyarakat untuk terus mengakses TikTok. Inspira TV memanfaatkan TikTok sebagai media penyebaran berita guna memenuhi kebutuhan masyarakat akan informasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Inspira TV memanfaatkan TikTok sebagai media penyebaran berita baik dari segi proses pengelolaan berita, pertimbangan Inspira TV dalam menggunakan TikTok sebagai media penyebaran berita, kriteria konten yang digunakan, hingga perencanaan sumber daya manusia dalam rekrutmen karyawan. Penelitian ini menggunakan teori New Media. Teori ini merupakan sebuah teori media baru yang dikembangkan oleh Pierre Levy, yang membahas mengenai perkembangan media dari konvensional ke era digital. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif. Dengan paradigma penelitian kontruktivisme dan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri dari wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; Pertama, proses pengelolaan berita pada Inspira TV terdiri dari lima tahapan yaitu rapat redaksi untuk melakukan perencanaan terkait informasi yang akan diangkat, mengumpulkan bahan berita dengan cara peliputan serta wawancara, penulisan naskah berita, editing, dan tahapan yang terakhir yaitu publikasi. Kedua, pertimbangan Inspira TV dalam menggunakan aplikasi TikTok sebagai media penyebaran berita yaitu karena kehadiran teknologi yang ada pada saat ini dan dimanfaatkan oleh Inspira TV selaku lembaga penyiaran dalam penyebaran berita agar konten berita dapat dengan mudah dijangkau oleh lebih banyak orang dengan sangat cepat. Ketiga, kriteria konten yang digunakan pada akun TikTok beritainspira yaitu konten yang berasal dari kontributor yang bersifat aktual dan dianggap penting oleh khalayak dan juga konten berita yang sedang viral di media sosial kemudian diolah kembali dengan brand Inspira TV dan kembali ditayangkan dengan angle yang disampaikan. Keempat, perencanaan sumber daya manusia dalam rekrutmen karyawan sesuai dengan konsep kualifikasi Inspira TV, yaitu orang yang bisa beradaptasi secara lebih cepat dan berkeinginan untuk terus belajar dan bertumbuh serta memiliki basic sosial media.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: TikTok; Media Sosial; Berita; Inspira TV
Subjects: Communications Telemunications
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Rieke Oktavia
Date Deposited: 14 Sep 2023 01:24
Last Modified: 14 Sep 2023 01:24
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/77428

Actions (login required)

View Item View Item