Penerapan model Contextual Teaching and Learning melalui sistem Flipped Classroom pada materi reaksi reduksi oksidasi untuk meningkatkan literasi kimia

Qotrunnada, Aida Ainayya (2023) Penerapan model Contextual Teaching and Learning melalui sistem Flipped Classroom pada materi reaksi reduksi oksidasi untuk meningkatkan literasi kimia. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (155kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (341kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (51kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis aktivitas siswa selama pembelajaran, dan peningkatan literasi kimia siswa pada materi reaksi redoks. Metode yang digunakan adalah pre-eksperimen dengan desain one group pretest-posttest. Subyek pada penelitian ini adalah siswa kelas XII MAN 7 Tasikmalaya. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi aktivitas siswa, lembar kerja siswa, dan soal pretest-posttest. Berdasarkan hasil penelitian, persentase aktivitas siswa selama proses pembelajaran secara kesuluran adaah 64% dengan interpretasi baik. Kemudian peningkatan literasi kimia yang mencakup aspek proses, konten, sikap dan konteks ilmiah, siswa mengalami kenaikan dengan rata-rata nilai N-gain 0,4 dengan kategori sedang. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model contextual teaching and learning melalui sistem flipped classroom pada materi reaksi redoks mampu meningkatkan literasi kimia.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Literasi Kimia; Contextual Teaching and Learning; Flipped Classroom
Subjects: Education
Chemistry and Allied Science > Research and Statistical Methods of Chemistry
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Aida Ainayya Qotrunnada
Date Deposited: 20 Sep 2023 02:55
Last Modified: 20 Sep 2023 02:55
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/77453

Actions (login required)

View Item View Item