Implementasi komunikasi persuasif Mubalig upaya menjaga konsistensi jemaah pengajian : Studi fenomenologi pada Jalsah Itsnain Majelis Rasulullah SAW Jawa Barat

Ginanjar, Agung (2023) Implementasi komunikasi persuasif Mubalig upaya menjaga konsistensi jemaah pengajian : Studi fenomenologi pada Jalsah Itsnain Majelis Rasulullah SAW Jawa Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (694kB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (684kB) | Request a copy
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (669kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB) | Request a copy
[img] Text
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB) | Request a copy

Abstract

Jalsah Itsnain Majelis Rasulullah SAW Jawa Barat merupakan majelis ta’lim atau lembaga dakwah yang dibimbing Habib Quraisy bin Qasim Baharun. Majelis ini keberadaannya tengah berkembang khususnya di kabupaten Kuningan Jawa Barat. Dakwah yang disampaikan oleh Jalsah Itsnain mendapat respon yang positif dari masyarakat muslim Kuningan. Dakwah tersebut dilaksanakan dalam bentuk pengajian rutinan seminggu sekali, terdapat tiga lokasi pengajian rutinan yaitu di Markas Besar Jalsah Itsnain Majelis Rasulullah SAW Jawa Barat, Masjid At-Taqwa Ciawigebang dan Masjid Agung Kuningan secara bergilir. Jumlah jama’ah Jalsah Itsnain ini mengalami peningkatan dari waktu ke waktu. Berdasarkan uraian di atas, terdapat beberapa rumusan masalah sebagai berikut: Pertama, bagaimana proses komunikasi Jalsah Itsnain Majelis Rasulullah SAW Jawa Barat? Kedua, bagaimana cara mempelajari pesan oleh mubalig Jalsah Itsnain Majelis Rasulullah SAW Jawa barat? dan, Ketiga, bagaimana perubahan sikap Jemaah Jalsah Itsnain Majelis Rasulullah SAW Jawa Barat? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses komunikasi, cara mempelajari pesan mubalig dan perubahan sikap jemaah Jalsah Itsnain Majelis Rasulullah SAW Jawa Barat dalam upaya menjaga konsistensi jemaah pengajian. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode fenomenologi dengan pendekatan kualitatif, dengan paradigma kontruktivisme. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi langsung, wawancara yang mendalam dan dokumentasi. Dan didukung dengan teori perubahan sikap (attitude change theory) Card Hovland. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa pertama, proses komunikasi yang dilakukan oleh Jalsah Itsnain Majelis Rasulullah SAW Jawa Barat yaitu dengan melakukan beberapa pengajian yang dilakukan yaitu, pengajian rutinan umum seminggu sekali, pengajian rutinan para kyai seminggu sekali, pengajian haul akbar dan pengajian akbar bersama Habib Umar bin Hafidz. Dalam melakukan proses komunikasinya tersebut, terdapat beberapa unsur, yaitu mubalig, pesan, media dan jemaah. Kedua, cara mempelajari pesan oleh mubalig Jalsah Itsnain Majelis Rasulullah SAW Jawa Barat yaitu dengan lima tahapan yaitu, attention (perhatian), comprehension (pemahaman), learning (pembelajaran), acceptence (penerimaan), dan retention (penyimpanan). Ketiga, untuk memperoleh perubahan sikap konsistensi jemaah pengajian Jalsah Itsnain Majelis Rasulullah SAW Jawa Barat yaitu dengan tiga pembiasaan yaitu, pembiasaan memakai pakaian putih dan peci putih ketika mengikuti pengajian, pembiasaan dalam pembacaan maulid Ad-Diyaul Lami ketika pengajian, dan pembiasaan utuk datang awal waktu dan melaksanakan sholat berjemaah sebelum pengajian dimulai.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Persuasif; Mubalig; Jemaah; Konsistensi;
Subjects: Critical Philosophy > Phenomenology
Islam > Da'wah
Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: agung gina ginanjar ginanjar
Date Deposited: 15 Sep 2023 04:51
Last Modified: 15 Sep 2023 04:51
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/77552

Actions (login required)

View Item View Item