Pengembangan E-LKPD berbasis inkuiri terbimbing untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi momentum dan impuls

Aritonang, Paulina Sri Fajar Br (2023) Pengembangan E-LKPD berbasis inkuiri terbimbing untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi momentum dan impuls. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (301kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (667kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (354kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (79kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji kelayakan media dan mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis terhadap e-LKPD berbasis inkuiri terbimbing sebagai media pembelajaran pada materi momentum dan impuls. Metode penelitian menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan desain penelitian menggunakan pendekatan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas X IPA 1 SMAN 1 Surade dengan jumlah sampel sebanyak 30 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi media, lembar validasi materi, lembar observasi keterlaksanaan, dan tes uraian kemampuan berpikir kritis. Teknik analisis yang dilakukan adalah perhitungan skor lembar validasi media, lembar validasi materi, lembar observasi keterlaksanaan, N-gain dan uji wilcoxon. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil bahwa (1) E-LKPD berbasis inkuiri terbimbing layak digunakan sebagai media pembelajaran pada materi momentum dan impuls dengan persentase validasi media 90% dan validasi materi 83% berkriteria sangat layak berdasarkan hasil validasi secara kuantitatif. (2) Keterlaksanaan pembelajaran menggunakan e-LKPD berbasis inkuiri terbimbing untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi momentum dan impuls dikategorikan sangat efektif dengan persentase 97% dengan interpretasi sangat efektif. (3) Penggunaan e-LKPD berbasis inkuiri terbimbing dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi momentum dan impuls dikategorikan sebagai peningkatan rata-rata sedang berdasarkan analisis N-gain dengan skor rata-rata 0,62. Hasil uji wilcoxon memperoleh nilai Asymp. Sig. (2-tailed) bernilai 0,000. Karena nilai 0,000 lebih kecil dari < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Artinya ada perbedaan kemampuan berpikir kritis peserta didik sebelum dan setelah menggunakan e-LKPD berbasis inkuiri terbimbing pada materi momentum dan impuls.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: E-LKPD; Inkuiri Terbimbing; Berpikir Kritis;
Subjects: Education
Physics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Paulina Sri Fajar Br Aritonang
Date Deposited: 15 Sep 2023 01:27
Last Modified: 15 Sep 2023 01:27
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/77578

Actions (login required)

View Item View Item