Aritonang, Paulina Sri Fajar Br (2023) Pengembangan E-LKPD berbasis inkuiri terbimbing untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi momentum dan impuls. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (58kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (46kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (48kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (301kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (667kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (354kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (79kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (218kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji kelayakan media dan mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis terhadap e-LKPD berbasis inkuiri terbimbing sebagai media pembelajaran pada materi momentum dan impuls. Metode penelitian menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan desain penelitian menggunakan pendekatan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas X IPA 1 SMAN 1 Surade dengan jumlah sampel sebanyak 30 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi media, lembar validasi materi, lembar observasi keterlaksanaan, dan tes uraian kemampuan berpikir kritis. Teknik analisis yang dilakukan adalah perhitungan skor lembar validasi media, lembar validasi materi, lembar observasi keterlaksanaan, N-gain dan uji wilcoxon. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil bahwa (1) E-LKPD berbasis inkuiri terbimbing layak digunakan sebagai media pembelajaran pada materi momentum dan impuls dengan persentase validasi media 90% dan validasi materi 83% berkriteria sangat layak berdasarkan hasil validasi secara kuantitatif. (2) Keterlaksanaan pembelajaran menggunakan e-LKPD berbasis inkuiri terbimbing untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi momentum dan impuls dikategorikan sangat efektif dengan persentase 97% dengan interpretasi sangat efektif. (3) Penggunaan e-LKPD berbasis inkuiri terbimbing dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi momentum dan impuls dikategorikan sebagai peningkatan rata-rata sedang berdasarkan analisis N-gain dengan skor rata-rata 0,62. Hasil uji wilcoxon memperoleh nilai Asymp. Sig. (2-tailed) bernilai 0,000. Karena nilai 0,000 lebih kecil dari < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Artinya ada perbedaan kemampuan berpikir kritis peserta didik sebelum dan setelah menggunakan e-LKPD berbasis inkuiri terbimbing pada materi momentum dan impuls.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-LKPD; Inkuiri Terbimbing; Berpikir Kritis; |
Subjects: | Education Physics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Paulina Sri Fajar Br Aritonang |
Date Deposited: | 15 Sep 2023 01:27 |
Last Modified: | 15 Sep 2023 01:27 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/77578 |
Actions (login required)
View Item |