Persepsi Mahasiswa Mengenai Berita pada Media Online radarbandung.id: Studi Deskriptif Tentang Berita Seputar Kota Bandung pada Mahasiswa Jurusan Jurnalistik UIN SGD Angkatan 2019

Okawati, Tia (2023) Persepsi Mahasiswa Mengenai Berita pada Media Online radarbandung.id: Studi Deskriptif Tentang Berita Seputar Kota Bandung pada Mahasiswa Jurusan Jurnalistik UIN SGD Angkatan 2019. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (246kB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB) | Request a copy
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (328kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (67kB) | Request a copy
[img] Text
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (73kB) | Request a copy

Abstract

Media online telah menjadi sumber berita utama bagi banyak individu, termasuk mahasiswa. Dalam konteks ini, penting untuk memahami bagaimana mahasiswa jurusan jurnalistik UIN SGD angkatan 2019 mempersepsikan dan menilai berita yang mereka temui di media online, khususnya radarbandung.id. Penelitian ini akan memberikan wawasan tentang bagaimana generasi muda yang terkait dengan dunia jurnalistik mengonsumsi berita dan mengevaluasi kredibilitasnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi mahasiswa jurusan jurnalistik UIN SGD angkatan 2019 mengenai berita pada media online radarbandung.id. Mengetahui bagaimana mahasiswa menafsirkan, menilai dan merespons berita pada media online radarbandung.id dan juga untuk mengidentifikasi persepsi mahasiswa mengenai berita berita pada media online radarbandung.id serta memahami tanggapan mahasiswa mengenai berita pada media online radarbandung.id. Penelitian ini menggunakan pendekatan teori konsep Deddy Mulyana yaitu beberapa tahapan dalam proses terjadinya persepsi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif. Dengan paradigma penelitian kontruktivisme dan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri dari wawancara, observasi dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukan bahwa; Pertama, pada proses pengindraan (sensasi), media online radarbandung.id dinilai bukan prioritas bagi mahasiswa dalam mengakses berita namun hal ini dapat diiringi dengan berita yang berkualitas. Kedua, pada proses perhatian (atensi), media online radarbandung.id dapat diyakini oleh mahasiswa bahwa berita yang disajikan relevan dan sesuai dengan yang dibutuhkan mahasiswa. Ketiga, pada proses pemaknaan (interpretasi), media online radarbandung.id memiliki motivasi yang baik bagi para mahasiswa dan mahasiswa merasakan perasaan senang dalam membaca berita pada media online radarbandung.id.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Media Online; Persepsi; radarbandung.id
Subjects: Communications Telemunications
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Tia Okawati
Date Deposited: 15 Sep 2023 03:20
Last Modified: 15 Sep 2023 03:20
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/77614

Actions (login required)

View Item View Item