Syaefulloh, Arif (2023) Aktivitas Digital Public Relations pada media sosial Instagram Urban Radio 106.3 FM dalam mempublikasikan konten : Studi deskriptif kualitatif pada akun Instagram @urban1063fm. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
COVER.pdf Download (63kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (27kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf Download (46kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (222kB) |
||
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (271kB) |
||
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (263kB) |
||
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (26kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (91kB) |
Abstract
Platform media sosial Instagram telah menjadi alat yang digunakan oleh Urban Radio FM sebagai sarana untuk menyebarkan informasi. Seiring dengan perkembangan waktu, akun Instagram @urban1063fm secara progresif mulai mempromosikan berbagai kegiatan dengan mengemas konten yang menarik dan informatif, dengan tujuan mendorong terciptanya kepercayaan dari masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana Urban Radio FM mengelola akun Instagram @urban1063fm dalam penyebaran informasi publik, dengan mengacu pada konsep The Circular Model of SoMe yang diajukan oleh Regina Luttrell. Model ini terdiri dari empat tahapan utama, yakni share (membagikan), optimize (mengoptimalkan), manage (mengelola), dan engage (melibatkan). Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam serta observasi partisipasif. Pendekatan ini dipilih untuk menggambarkan praktik pengelolaan akun Instagram @urban1063fm sesuai dengan situasi yang ada. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Urban Radio FM melaksanakan pengelolaan akun Instagram dalam beberapa tahapan yang terdefinisi. (1) Tahap penyebaran informasi, Urban Radio FM memilih platform media sosial dan berinteraksi dengan publik untuk membangun kepercayaan. (2) Tahap pengoptimalan, Urban Radio FM menganalisis isu-isu yang sedang berkembang dan menjalin kolaborasi dengan klien terkait untuk menghasilkan informasi yang akurat, kemudian informasi tersebut diolah menjadi konten yang menarik. (3) Tahap pengelolaan, Urban Radio FM melaksanakan pemantauan media sebagai sarana evaluasi terhadap aktivitas dan interaksi di akun Instagram. (4) Tahap keterlibatan audiens, Urban Radio FM memanfaatkan hashtag dan menjalin kerjasama dengan penyiar atau influencer guna mencapai khalayak dalam penyebaran informasi.Dari hasil penelitian dan analisis tersebut, dapat ditarik kesimpulan bahwa upaya pengelolaan akun Instagram @urban1063fm mencapai peningkatan jumlah postingan dan jumlah pengikut, serta memberikan informasi yang akurat kepada masyarakat. Oleh karena itu, pendekatan pengelolaan akun Instagram @urban1063fm sesuai dengan konsep The Circular Model of SoMe terbukti efektif.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Instagram; Digital Public Relations; Urban Radio 106.3 FM; Media Sosial |
Subjects: | Social Interaction, Interpersonal Relations Communications Telemunications Communications Telemunications > Radio Broadcasting |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat |
Depositing User: | Arif Syaefulloh |
Date Deposited: | 18 Sep 2023 03:39 |
Last Modified: | 18 Sep 2023 03:39 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/77738 |
Actions (login required)
View Item |