Implementasi manajemen sumber daya manusia dalam meningkatkan kualitas kader dakwah: Penelitian di Organisasi Pimpinan Daaerah Pemuda Persatuan Islam Kabupaten Bandung

Firdaus, Fahrevi (2023) Implementasi manajemen sumber daya manusia dalam meningkatkan kualitas kader dakwah: Penelitian di Organisasi Pimpinan Daaerah Pemuda Persatuan Islam Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (353kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (396kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (587kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (124kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB) | Request a copy

Abstract

Sumber daya manusia merupakan aset besar dalam pengembangan sebuah organisasi. Dengan kualitas yang mumpuni akan mampu mendorong kreativitas dan inovasi-inovasi baru berkelanjutan, sehingga organisasi akan terus berkembang untuk melakukan inovasinya dalam mencapai tujuan organisasi. Maka Pimpinan Daerah Pemuda Persatuan Islam harus bertransformasi menjadi sumber daya manusia yang mempunyai kinerja baik dan berkualitas serta loyalitas tinggi terhadap organisasi. Dalam mewujudkan hal tersebut perlu adanya konsep berkenaan dengan peningkatan kualitas kader dakwah. Bagaimana pola rekrutmen anggota, pelatihan dan pengembangan serta konsep evaluasi yang diterapkan oleh Pimpinan Daerah Pemuda Persatuan Islam Kabupaten Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi manajemen sumber daya manusia dalam meningkatkan kualitas kader dakwah di organisasi Pimpinan Daerah Pemuda Persatuan Islam Kabupaten Bandung. Adapun teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori Ambarini yang menjelaskan bahwa manajemen sumber daya manusia sebuah proses menemukan cara terbaik dalam merencanakan, mengorganisasikan, mengarahkan, mengembangkan, dan mengevaluasi kinerja sumber daya manusia dalam mencapai tujuan organisasi itu sendiri. Hasil penelitian menunjukan dalam meningkatkan kualitas kader dakwah memerlukan konsep manajemen sumber daya manusia yang diawali dengan penerapan pola rekrutmen lewat program MARUF (Masa Ta’aruf). Selanjutnya melalui pelatihan dan pengembangan pada program TAFIQ I (Tazwidu fityanil Qur’an) sebagai salah satu realisasi mewujudkan kader dakwah yang ideal dengan meningkatkan kapabilitas. Lalu tahap evaluasi bertajuk MUSDA (Musyawarah Daerah) yang memaparkan laporan pertanggungjawaban bersifat transparan serta rinci baik dalam segi data juga lampiran pendukung lainnya yang kemudian oleh utusan Pimpinan Cabang dari setiap Kecamatan untuk menilai secara objektif berupa kritik maupun saran kepada organisasi Pimpinan Daerah Pemuda Persatuan Islam Kabupaten Bandung. Dengan demikian kualitas yang mumpuni akan mampu mendorong kreativitas dan inovasi-inovasi baru yang berkelanjutan, sehingga organisasi akan terus berkembang untuk melakukan inovasinya dalam mencapai tujuan organisasi. Maka Pimpinan Daerah Pemuda Persatuan Islam harus bertransformasi menjadi sumber daya manusia yang mempunyai kinerja baik dan berkualitas serta loyalitas tinggi terhadap organisasi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Sumber Daya Manusia; Organisasi; Kualitas Kader Dakwah
Subjects: Islam > Organizations of Islam
General Management > Organizations
General Management > Personnel Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Fahrevi Firdaus
Date Deposited: 21 Sep 2023 05:08
Last Modified: 21 Sep 2023 05:08
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/77759

Actions (login required)

View Item View Item