Pengaruh persepsi dan pengetahuan tentang Riba terhadap keputusan penggunaan fitur Shopee PayLater : Studi kasus pada mahasiswa jurusan Ekonomi Syariah Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Ahmad, Aliva Fatiha (2023) Pengaruh persepsi dan pengetahuan tentang Riba terhadap keputusan penggunaan fitur Shopee PayLater : Studi kasus pada mahasiswa jurusan Ekonomi Syariah Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (685kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (677kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (483kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (692kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (340kB) | Request a copy

Abstract

Shopee PayLater yang kini menjadi tren dikalangan milenial, menurut pandangan ekonomi Islam fitur ini dapatdimanfaatkan. Namun dalam penggunaannya harus dilakukan secara bijaksana sehingga terhindar dari keburukan yang dilarang Allah SWT. Batasan dan ajaran dalam ekonomi Islam mengajarkan kita agar tidak berperilaku konsumtif dalam penggunaan fitur Shopee PayLater terutama pada kalangan milenial. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis: 1) pengaruh persepsi riba secara parsial terhadap keputusan penggunaan 2) pengaruh pengetahuan riba secara parsial terhadap keputusan penggunaan 3) pengaruh persepsi dan pengetahuan riba secara stimultan terhadap keputusan penggunaan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori persepsi menurut Rakhmat yani, Persepsi pada hakikatnya adalah proses penilaian seseorang terhadap objek atau peristiwa tertentu. Teori pengetahuan menurut Notoadmodjo adalah hasil penginderaan seorang manusia, atau dapat juga disebut sebagai hasil tahu seorang individu terhadap suatu objek lewat indera yang dimiliki seperti (telinga, mata,hidung, dan sebagainya. Dan teori keputusan pembelian Menurut Basu Swastha dan T. Hani Handoko yakni, keputusan pembelian merupakan metode dalam penyelesaian masalah dalam perilaku pembelian untuk memenuhi kebutuhan maupun keinginan konsumen yang meliputi kegiatan pengenalan masalah, pencarian, informasi, evaluasi terhadap alternatif yang ada, keputusan pembelian dan perilaku pasca pembelian. Dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji instrumen penelitian, uji asumsi klasik, uji hipotesis dan analisis regresi linear berganda. Peneliti menggunakan bantuan program aplikasi IBM SPSS versi 29 dalam menganalisis data penelitian.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa nilai uji parsial (uji T) menunjukan nilai signifikansi 0,01 < 0,05. Dan nilai thitung > ttabel untuk variabel persepsi riba yaitu 3,771 > 0,659, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara persepsi riba terhadap keputusan penggunaan. Pengetahuan riba berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan penggunaan. Hal ini dibuktikan dengan uji parsial (uji T) nilai signifikansi 0,01 < 0,05 dan nilai thitung > ttabel untuk pengetahuan riba yaitu 5,923 > 0,659, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat pengaruh signifikan antara pengetahuan riba terhadap keputusan penggunaan. Persepsi riba dan pengetahuan riba secara simultan mempengaruhi keputusan penggunaan. Dengan pengujian secara simultan (uji F) yang memperoleh hasil nilai Fhitung > Ftabel yaitu 77,683 > 3,08 dan nilai signifikansi 0,01 < 0,05.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Persepsi Riba; Pengetahuan Riba; Keputusan Penggunaan
Subjects: Islam > Islam and Economics
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Riba
Financial Economics, Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: Ahmad Aliva Fatiha
Date Deposited: 18 Sep 2023 00:53
Last Modified: 18 Sep 2023 00:53
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/77760

Actions (login required)

View Item View Item