Bimbingan konseling dengan teknik Reinforcement dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa : Penelitian di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Tarogong Kidul Garut

Fauziyyah, Muna Sani (2023) Bimbingan konseling dengan teknik Reinforcement dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa : Penelitian di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Tarogong Kidul Garut. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (357kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (864kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (751kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (227kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (410kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan yang terjadi pada era saat ini yaitu tingkat kemandirian belajar siswa yang rendah menyebabkan siswa sulit mengatur waktu dalam belajar, tidak mengetahui arah tujuan serta tidak bisa melangkah dalam menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru. Rendahnya kemandirian belajar siswa ini dibuktikan dengan siswa yang kurang percaya diri dalam belajar, tidak serius dalam belajar, tidak disiplin dalam belajar, kurang memiliki rasa tanggung jawab atas sesuatu yang dikerjakannya, serta kurang memiliki motivasi belajar. Oleh sebab itu mesti ada upaya dalam peningkatan kemandirian belajar siswa, salah satunya di MTs Muhammadiyah Tarogong dengan program bimbingan konseling menggunakan teknik reinforcement untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui program, proses, dan hasil yang dicapai dalam kegiatan bimbingan konseling dengan teknik reinforcement untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa di MTs Muhammadiyah Tarogong Kidul Garut. Teori yang dijadikan landasan dalam penelitian ini adalah teori behaviorisme dengan teknik reinforcement (penguatan), yang dipandang relevan oleh peneliti untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa dengan penguatan positif melalui pemberian pujian, dukungan, pengakuan, atau hadiah sederhana sebagai bentuk apresiasi atas usaha siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara langsung, dan wawancara tertulis. Adapun sumber data yang diambil dari data primer yaitu Guru BK dan sebelas orang siswa kelas VIII di MTs Muhammadiyah Tarogong Kidul Garut, sedangkan data sekunder berupa dokumen yang mendukung penelitian. Hasil peineilitian meinunjukkan bahwa bimbingan konseiling deingan meinggunakan teiknik reiinforceimeint mampu meiningkatkan keimandirian beilajar siswa. Hal ini ditunjukkan oleih preiseintasei yang baik beirdasarkan seitiap aspeik pada indikator keimandirian beilajar. Keibeirhasilan program ini dilihat dari hasil wawancara teirtulis teirhadap siswa keilas VIII bahwa teirdapat peirubahan dari seitiap indikator dan siswa teirseibut meinyadari peintingnya meimiliki keimandirian dalam beilajar. Perubahan tersebut yaitu siswa menjadi lebih percaya diri, aktif, disiplin, bertanggung jawab, dan memiliki motivasi dalam belajar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Konseling; Teknik Reinforcement; Kemandirian Belajar
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Muna Sani Fauziyyah
Date Deposited: 18 Sep 2023 02:17
Last Modified: 18 Sep 2023 02:17
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/77840

Actions (login required)

View Item View Item