Strategi Humas dalam upaya memperoleh kepercayaan Publik melalui Brand Smart City Kabupaten Sumedang : Studi deskriptif kualitatif pada Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Kabupaten Sumedang

Astriani, Citra (2023) Strategi Humas dalam upaya memperoleh kepercayaan Publik melalui Brand Smart City Kabupaten Sumedang : Studi deskriptif kualitatif pada Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Kabupaten Sumedang. Sarjana thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (412kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (354kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (773kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB)

Abstract

Dinas Komunikasi dan Informatika, Persandian dan Statistik (Diskominfosanditik) merupakan dinas yang mempunyai tugas melaksanakan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah dalam rangka pelaksanaan sebagian tugas Bupati di bidang komunikasi, informatika, persandian dan statistik. Diskominfosanditik sebagai penyelenggara kegiatan branding kota pintar Kabupaten Sumedang yang bertujuan membentuk persepsi masyarakat, memperoleh kepercayaan masyarakat terhadap brand smart city Sumedang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Diskominfosanditik Kabupaten Sumedang melakukan kegiatan branding smart city Sumedang mengacu pada konsep teori strategi branding oleh Sicco Van Gelder, melalui empat tahapan yaitu penerapan strategi brand positioning, penerapan strategi brand identity, penerapan strategi brand personality, penerapan strategi brand communication. Penelitian ini menggunakan paradigma kontruktivisme dengan pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan deskriptif kualitatif untuk mendeskripsikan kegiatan branding smart city dengan spesifik dan mendalam, teknik pengumpulan data yaitu wawancara mendalam dan observasi partisipatori pasif. Berdasarkan hasil penelitian menyimpulkan bahwa Diskominfosanditik Kabupaten Sumedang dalam melakukan branding smart city Sumedang melalui empat proses atau tahapan. 1) tahap pertama, penerapan strategi brand positioning diantaranya ada empat aspek, Diskominfosanditik melakukan analisa situasi masyarakat Kabupaten Sumedang melalui pemantauan media sosial, menciptakan kepercayaan publik terhadap brand smart city Sumedang, dapat menentukan segmentasi publik, serta mendemonstrasikan keunggulan brand smart city Sumedang. 2) tahap kedua penerapan strategi brand identity diantaranya ada empat aspek, Diskominfosanditik melakukan pembentukan nama brand, membuat logo brand, pembentukan tagline brand, adanya nilai lebih brand. 3) tahap ketiga penerapan strategi brand personality diantaranya ada tiga aspek, Diskominfosanditik memberikan karakteristik atau ciri khas yang dimiliki brand smart city Sumedang, menentukan konteks untuk mencari sasaran publik, membangun komunikasi yang konsisten dengan publik terkait personality yang dibangun. 4) tahap keempat penerapan strategi brand communication diantaranya ada tiga aspek, Diskominfosanditik menentukan media publikasi yang digunakan untuk menyampaikan informasi kepada publik, menyelenggarakan event sebagai bentuk promosi, menjalin kerjasama dengan brand lain sebagai bentuk promosi serta untuk meningkatkan kepercayaan publik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: strategi branding; kota pintar; kepercayaan publik
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: Citra Astriani
Date Deposited: 19 Sep 2023 06:04
Last Modified: 19 Sep 2023 06:05
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/78056

Actions (login required)

View Item View Item