Pengembangan aplikasi pembelajaran matematika dengan Software MIT App Inventor untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa : Penelitian di SMP Negeri 24 Bandung

Wijaya, Aryo Surya (2023) Pengembangan aplikasi pembelajaran matematika dengan Software MIT App Inventor untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa : Penelitian di SMP Negeri 24 Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB1.pdf

Download (322kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (722kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (317kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (51kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah masih kurangnya pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi. Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran tersebut, diperlukan penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi yang dapat menunjang proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan proses pengembangan aplikasi pembelajaran matematika dengan Software MIT App Inventor untuk meningkatkan kemampuan konsep siswa (2) Menganalisis validitas pengembangan aplikasi pembelajaran matematika, (3) tingkat efektivitas pengembangan aplikasi pembelajaran matematika, (4) tingkat praktikalitas pengembangan aplikasi pembelajaran matematika, (5) Respon siswa dalam penggunaan aplikasi pembelajaran matematika. Menggunakan metode Research and Development (R&D) model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A SMP Negeri 24 Bandung, Tahun Ajaran 2022/2023 dengan jumlah 29 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu angket validasi ahli materi, ahli media, angket praktikalitas, lembar post-test, dan angket respon siswa. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa pengembangan aplikasi pembelajaran matematika dikategorikan baik dengan skor penilaian ahli materi sebesar 86,33 (sangat valid), ahli media 70,5 (valid), tingkat efektivitas efektivitas sebesar 82,76 (sangat efektif), dan hasil skor praktikalitas sebesar 82,29 (praktis). Serta hasil respon siswa memperoleh skor sebesar 75,78 (cukup baik).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan; Media; Pembelajaran; MIT App Inventor; Pemahaman; Siswa.
Subjects: Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Aryo Surya Wijaya
Date Deposited: 18 Sep 2023 06:28
Last Modified: 18 Sep 2023 06:28
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/78073

Actions (login required)

View Item View Item