Wijaya, Aryo Surya (2023) Pengembangan aplikasi pembelajaran matematika dengan Software MIT App Inventor untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa : Penelitian di SMP Negeri 24 Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_COVER.pdf Download (69kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf Download (44kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf Download (61kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB1.pdf Download (322kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB2.pdf Restricted to Registered users only Download (722kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_BAB3.pdf Restricted to Registered users only Download (317kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_BAB4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_BAB5.pdf Restricted to Registered users only Download (51kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (183kB) | Request a copy |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah masih kurangnya pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi. Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran tersebut, diperlukan penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi yang dapat menunjang proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan proses pengembangan aplikasi pembelajaran matematika dengan Software MIT App Inventor untuk meningkatkan kemampuan konsep siswa (2) Menganalisis validitas pengembangan aplikasi pembelajaran matematika, (3) tingkat efektivitas pengembangan aplikasi pembelajaran matematika, (4) tingkat praktikalitas pengembangan aplikasi pembelajaran matematika, (5) Respon siswa dalam penggunaan aplikasi pembelajaran matematika. Menggunakan metode Research and Development (R&D) model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A SMP Negeri 24 Bandung, Tahun Ajaran 2022/2023 dengan jumlah 29 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu angket validasi ahli materi, ahli media, angket praktikalitas, lembar post-test, dan angket respon siswa. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa pengembangan aplikasi pembelajaran matematika dikategorikan baik dengan skor penilaian ahli materi sebesar 86,33 (sangat valid), ahli media 70,5 (valid), tingkat efektivitas efektivitas sebesar 82,76 (sangat efektif), dan hasil skor praktikalitas sebesar 82,29 (praktis). Serta hasil respon siswa memperoleh skor sebesar 75,78 (cukup baik).
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan; Media; Pembelajaran; MIT App Inventor; Pemahaman; Siswa. |
Subjects: | Education Educational Institutions, Schools and Their Activities |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Aryo Surya Wijaya |
Date Deposited: | 18 Sep 2023 06:28 |
Last Modified: | 18 Sep 2023 06:28 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/78073 |
Actions (login required)
View Item |