Strategi Humas Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Jawa Barat dalam membentuk citra lembaga

Rosadi, Jajang (2023) Strategi Humas Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Jawa Barat dalam membentuk citra lembaga. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (457kB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (288kB) | Request a copy
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB) | Request a copy
[img] Text
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB) | Request a copy

Abstract

Pengelolaan zakat, infak, sedekah di Indonesia dilakukan secara voluntary system, dimana tidak terdapat hukum secara langsung terhadap pelanggarnya, karena itu lembaga zakat harus memilki kepercayaan atau citra lembaga yang positif pada publik-publiknya. Strategi pembentukan citra menjadi hal yang krusial bagi lembaga mengingat untuk mendapatkan simpati publik dalam rangka menghimpun, menyalurkan zakat peranan untuk mendapat kepercayaan sangat diperlukan. Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Jawa Barat sebagai lembaga yang mengatur urusan zakat memiliki manajemen dan sistem yang bermutu berimplikasi pada akses kemudahan bagi para muzzaki dalam menunaikan kewajibannya, hal ini diwujudkan dengan sejumlah program penyaluran zakat yang beragam, inovatif dan memberi banyak manfaat, karenanya manajemen strategi yang efektif untuk menunjang keberhasilan dibutuhkan oleh Humas Baznas Jawa Barat untuk menumbuhkan kepercayaan publik melalui citra lembaga yang postif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses perumusan strategi, pelaksanaan strategi, dan evaluasi strategi yang dilakukan Humas Baznas Jawa Barat dalam membentuk citra lembaga. Teori yang digunakan terkait penelitian mengenai strategi humas yaitu konsep manajemen strategi David Freed dan proses pembentukan citra dari Jhon S. Niempono. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pendekatan kualitatif dan paradigma kontruktivisme dimana untuk menjelaskan fenomena berupa deskripsi-deskripsi data secara jelas, tepat, sistematis, faktual, dan akurat yang didapatkan dari hasil observasi dan wawancara semi terstruktur. Setelah melakukan pengumpulan fakta dan data menghasilkan beberapa kesimpulan terkait dengan Strategi Humas Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Jawa Barat dalam Membentuk Citra Lembaga dilakukan dengan tahapan: (1) Perumusan strategi, yang mencakup pada perencanaan strategis, analisis situasi, segmentasi publik sasaran dan operasional dalam membentuk citra, (2) Pelaksanaan strategi, yang merupakan program-program utama dalam membentuk citra dan tahap (3) Evaluasi strategi, yang merupakan tahap akhir dalam membentuk citra lembaga.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Strategi;Humas;Citra Lembaga;Baznas Jawa Barat;
Subjects: Relation of The State of Organized Groups
Communications Telemunications > Wireless Communications
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: Jajang Rosadi
Date Deposited: 18 Sep 2023 06:50
Last Modified: 18 Sep 2023 06:50
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/78091

Actions (login required)

View Item View Item