Pengaruh pesan dakwah podcast "Berbeda tapi Bersama" aplikasi Noice terhadap kesadaran toleransi umat beragama: Studi pada mahasiswa KPI UIN Sunan Gunung Djati angkatan 2019

Fatha Larasati, Naura (2023) Pengaruh pesan dakwah podcast "Berbeda tapi Bersama" aplikasi Noice terhadap kesadaran toleransi umat beragama: Studi pada mahasiswa KPI UIN Sunan Gunung Djati angkatan 2019. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (346kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (397kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (663kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB) | Request a copy

Abstract

Di era peradaban yang maju ini, teknologi yang semakin berkembang memberikan kemudahan dan kemajuan bagi dunia dakwah. Podcast sebagai metode dan media baru bagi da’i guna berdakwah kepada mad’u dengan cakupan yang lebih luas. Salah satu podcast yang banyak digemari masyarakat adalah “Berbeda Tapi Bersama” oleh Habib Husein Ja’far Hadar di aplikasi Noice. Podcast tersebut mempunyai visi untuk menyatukan berbedaan antara dua sudut pandang dengan tetap menjunjung toleransi. Banyak paham intoleransi yang menyebar merusak pola pikir dan sikap masyarakat, khususnya generasi muda. Hal ini dibuktikan sebanyak 39% mahasiswa di 7 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) terpapar paham intoleransi. Mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam merupakan calon sarjana yang dibentuk untuk melanjutkan misi dakwah di Tengah masyarakat. Oleh karena itu, mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam harus terhindar dari paham intoleransi agar memiliki bekal materi dakwah yang matang. Penelitian ini mempunyai tujuan guna mengetahui seberapa berpengaruh pesan dakwah podcast “Berbeda Tapi Bersama” dalam memberikan paham toleransi kepada generasi Z yang berumur 18-25 tahun. Pada prosesnya, peneliti menggunakan metode kuantitatif dengan analisis regresi sederhana. Penelitian ini menggunakan dasar Teori S-O-R (Stimulus-Response-Organism) tentang bagaimana stimulus (pesan) dapat mempengaruhi individu (organism) untuk melakukan sebuah perubahan sikap (efek). Sampel yang diambil merupakan mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam angkatan 2019 sebanyak 70 orang. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh pada pesan dakwah podcast “Berbeda Tapi Bersama” terhadap kesadaran toleransi mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam angkatan 2019. Pengaruh yang diberikan sebanyak 44,8% dari variabel pesan dakwah, serta 55,2% dipengaruhi oleh variabel lainnya. Pengaruh variabel bebas tentang pesan dakwah terhadap variabel terikat tentang kesadaran toleransi dikategorikan sedang dan mengarah ke pengaruh positif.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pesan; dakwah; podcast; toleransi
Subjects: Communications Telemunications > Radio Broadcasting
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Naura Fatha Larasati
Date Deposited: 19 Sep 2023 00:45
Last Modified: 03 Oct 2023 07:59
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/78151

Actions (login required)

View Item View Item