Peran Rumah Tahfidz dalam pemberdayaan hafalan Al Qur’an anak : Studi deskriptif di Rumah Tahfidz Dipta Miwala, Kp Pasir Tukul, Desa Cileunyi

Somantri, Ari (2023) Peran Rumah Tahfidz dalam pemberdayaan hafalan Al Qur’an anak : Studi deskriptif di Rumah Tahfidz Dipta Miwala, Kp Pasir Tukul, Desa Cileunyi. Sarjana thesis, Universitas Islam Negri Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (361kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (437kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (454kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab I.pdf

Download (698kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (793kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_ Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (622kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_ Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (335kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_ Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (339kB) | Request a copy

Abstract

Kedudukan dan fungsi Al-Qur'an, adalah sebagai pedoman hidup atau petunjuk sebagai dan bertaqwa yang orang bagi bimbingan bagi umat manusia. Oleh karena itu, jika nilai-nilai yang termaktub di dalam Al-Qur’an mampu di implementasikan dalam kehidupan, niscaya akan terbentuk kehidupan yang religius, damai dan sentosa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi, proses impelementasi, efektivitas dan hasil peran rumah tahfidz dalam pemberdayaan hafalan Al Qur’an anak di Kampung Pasir Tukul. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori Agus Safe’i Agus Syafi’i, tujuan pemberdayaan masyarakat adalah mendirikan masyarakat atau membangun kemampuan untuk memajukan diri ke arah kehidupan yang lebih baik secara seimbang. Karena pemberdayaan masyarakat adalah upaya memperkuas horizon pilihan bagi masyarakat. Ini berarti masyarakat diberdayakan untuk melihat dan memilih sesuatu yang bermanfaat bagi dirinya . Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah itu, data yang diperoleh dikumpulkan dan dianalisis kemudian dibuat kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi rumah tahfidz dalam pemberdayaan hafalan Al Qur’an anak di Kampung Pasir Tukul ialah dengan menghafal satu hari satu ayat, sementara proses impelementasi pemberdayaannya menggunakan proses pemberian materi, pengunaan metode, pengoptimalan media dan melakukan evaluasi. Efektivitas pemberdayaan rumah tahfidz dilakukan dengan seringnya evaluasi dan mengatasi hambatan-hambatan yang ada berupa rasa malas dan lainnya. Hasil pemberdayaan rumah tahfidz dalam pemberdayaan anak membuat anak menjadi lebih relegius dan bisa menghafal Al-quran.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan; Anak; Hafalan; Qur’an
Subjects: Islam > Recitation and Reading
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Ari Somantri
Date Deposited: 19 Sep 2023 03:55
Last Modified: 19 Sep 2023 03:55
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/78214

Actions (login required)

View Item View Item