Strategi humas Dinas Perhubungan Kota Bandung dalam pengelolaan Instagram @atcs.kotabandung

Noviyanti, Riska (2023) Strategi humas Dinas Perhubungan Kota Bandung dalam pengelolaan Instagram @atcs.kotabandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (144kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (153kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (739kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (81kB)

Abstract

Digital public relations melalui media sosial Instagram digunakan Area Traffic Control System Kota Bandung untuk menyampaikan informasi lalu lintas kepada publik. Informasi lalu lintas menjadi hal penting yang dibutuhkan oleh publik, segala bentuk informasi memberikan pandangan positif ketika informasi diterima baik oleh publik serta berpengaruh pada citra perusahaan. Penyampaian informasi dikemas dengan menarik dan informatif melalui akun Instagram @atcs.kotabandung. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengelolaan Instagram @atcs.kotabandung dalam menyampaikan informasi kepada publik yang dilakukan oleh ATCS Kota Bandung dengan mengacu pada konsep The Circular Model of SoMe yang dikemukan oleh Regina Luttrell. Konsep ini memiliki empat tahapan, yaitu: share (membagikan), optimize (mengoptimalkan), manage (mengelola), dan engage (melibatkan). Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme dengan pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan adalah deksriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Peneliti menggunakan metode tersebut untuk menggambarkan dan menganalisa strategi humas dinas perhubungan kota bandung dalam pengelolaan Instagram @atcs.kotabandung. Hasil penelitian menunjukan bahwa ATCS Kota Bandung dalam menjalankan pengelolaan Instagram sejalan dengan konsep the circular model of SoMe dengan indikator, yaitu: (1) tahap membagikan meliputi menentukan target sasaran (participate), menyesuaikan waktu membagikan konten, dan merumuskan konten. (2) Tahap mengoptimalkan, meliputi bekerja sama dengan media internal dan eksternal, dan penggunaan hastag pada postingan. (3) Tahap mengelolaan, meliputi merespon keluhan secara cepat (quick responses), melakukan live Instagram (real time interactions), dan Evaluasi. (4) Tahap melibatkan, meliputi fast responses (merespon cepat), dan memposting kembali konten followers.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan; Digital Public Relations; Instagram; The Circular Model of SoMe
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: Riska Noviyanti
Date Deposited: 19 Sep 2023 02:19
Last Modified: 19 Sep 2023 02:19
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/78257

Actions (login required)

View Item View Item