Noviyanti, Riska (2023) Strategi humas Dinas Perhubungan Kota Bandung dalam pengelolaan Instagram @atcs.kotabandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (73kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (52kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf Download (74kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf Download (144kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (153kB) |
||
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (739kB) |
||
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (184kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (81kB) |
Abstract
Digital public relations melalui media sosial Instagram digunakan Area Traffic Control System Kota Bandung untuk menyampaikan informasi lalu lintas kepada publik. Informasi lalu lintas menjadi hal penting yang dibutuhkan oleh publik, segala bentuk informasi memberikan pandangan positif ketika informasi diterima baik oleh publik serta berpengaruh pada citra perusahaan. Penyampaian informasi dikemas dengan menarik dan informatif melalui akun Instagram @atcs.kotabandung. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengelolaan Instagram @atcs.kotabandung dalam menyampaikan informasi kepada publik yang dilakukan oleh ATCS Kota Bandung dengan mengacu pada konsep The Circular Model of SoMe yang dikemukan oleh Regina Luttrell. Konsep ini memiliki empat tahapan, yaitu: share (membagikan), optimize (mengoptimalkan), manage (mengelola), dan engage (melibatkan). Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme dengan pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan adalah deksriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Peneliti menggunakan metode tersebut untuk menggambarkan dan menganalisa strategi humas dinas perhubungan kota bandung dalam pengelolaan Instagram @atcs.kotabandung. Hasil penelitian menunjukan bahwa ATCS Kota Bandung dalam menjalankan pengelolaan Instagram sejalan dengan konsep the circular model of SoMe dengan indikator, yaitu: (1) tahap membagikan meliputi menentukan target sasaran (participate), menyesuaikan waktu membagikan konten, dan merumuskan konten. (2) Tahap mengoptimalkan, meliputi bekerja sama dengan media internal dan eksternal, dan penggunaan hastag pada postingan. (3) Tahap mengelolaan, meliputi merespon keluhan secara cepat (quick responses), melakukan live Instagram (real time interactions), dan Evaluasi. (4) Tahap melibatkan, meliputi fast responses (merespon cepat), dan memposting kembali konten followers.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengelolaan; Digital Public Relations; Instagram; The Circular Model of SoMe |
Subjects: | Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat |
Depositing User: | Riska Noviyanti |
Date Deposited: | 19 Sep 2023 02:19 |
Last Modified: | 19 Sep 2023 02:19 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/78257 |
Actions (login required)
View Item |