Pengaruh model pembelajaran Cooperative Learning tipe STAD berbantu Nearpod terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi sistem imun

Kanagari, Cintana (2023) Pengaruh model pembelajaran Cooperative Learning tipe STAD berbantu Nearpod terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi sistem imun. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_Cover.pdf

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_Abstrak.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_Daftar Isi.pdf

Download (425kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_Bab 1.pdf

Download (390kB) | Preview
[img] Text
5_Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (744kB) | Request a copy
[img] Text
6_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (728kB) | Request a copy
[img] Text
7_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (708kB) | Request a copy
[img] Text
8_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (232kB) | Request a copy
[img] Text
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (483kB) | Request a copy

Abstract

Rendahnya hasil belajar disebabkan oleh siswa yang pasif dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model kooperatif tipe STAD berbantu nearpod terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi sistem imun. Metode penelitian menggunakan quasi experiment dengan non-quivalent control group design. Subjek penelitian berjumlah 72 siswa di salah satu SMA Kabupaten Bandung. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi, soal tes dan angket respon. Keterlaksanaan aktivitas guru dan siswa pada kedua kelas terlaksana sangat baik. Nilai rata-rata posttest siswa menggunakan model kooperatif tipe STAD berbantu nearpod adalah 82,22. Nilai rata-rata posttest siswa tanpa menggunakan model kooperatif tipe STAD berbantu nearpod adalah 74,17. Hasil respon siswa terhadap pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantu nearpod adalah 81,03% dengan kriteria sangat baik dan kelas tanpa model kooperatif tipe STAD berbantu nearpod adalah 68,79% dengan kriteria baik. Hasil uji hipotesis menggunakan uji Mann-Whitney menunjukan nilai signifikansi 0,001 maka interpretasinya adalah H0 ditolak dan H1 diterima. Model kooperatif tipe STAD berbantu nearpod berpengaruh positif terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi sistem imun. Model kooperatif tipe STAD berbantu nearpod dapat digunakan untuk memperbaiki hasil belajar kognitif siswa menjadi lebih baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: cooperative learning; hasil belajar; nearpod; sistem imun
Subjects: Biology
Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Cintana Kanagari
Date Deposited: 20 Sep 2023 05:25
Last Modified: 20 Sep 2023 05:25
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/78456

Actions (login required)

View Item View Item