Kanagari, Cintana (2023) Pengaruh model pembelajaran Cooperative Learning tipe STAD berbantu Nearpod terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi sistem imun. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_Cover.pdf Download (250kB) | Preview |
|
|
Text
2_Abstrak.pdf Download (228kB) | Preview |
|
|
Text
3_Daftar Isi.pdf Download (425kB) | Preview |
|
|
Text
4_Bab 1.pdf Download (390kB) | Preview |
|
Text
5_Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (744kB) | Request a copy |
||
Text
6_Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (728kB) | Request a copy |
||
Text
7_Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (708kB) | Request a copy |
||
Text
8_Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (232kB) | Request a copy |
||
Text
9_Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (483kB) | Request a copy |
Abstract
Rendahnya hasil belajar disebabkan oleh siswa yang pasif dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model kooperatif tipe STAD berbantu nearpod terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi sistem imun. Metode penelitian menggunakan quasi experiment dengan non-quivalent control group design. Subjek penelitian berjumlah 72 siswa di salah satu SMA Kabupaten Bandung. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi, soal tes dan angket respon. Keterlaksanaan aktivitas guru dan siswa pada kedua kelas terlaksana sangat baik. Nilai rata-rata posttest siswa menggunakan model kooperatif tipe STAD berbantu nearpod adalah 82,22. Nilai rata-rata posttest siswa tanpa menggunakan model kooperatif tipe STAD berbantu nearpod adalah 74,17. Hasil respon siswa terhadap pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantu nearpod adalah 81,03% dengan kriteria sangat baik dan kelas tanpa model kooperatif tipe STAD berbantu nearpod adalah 68,79% dengan kriteria baik. Hasil uji hipotesis menggunakan uji Mann-Whitney menunjukan nilai signifikansi 0,001 maka interpretasinya adalah H0 ditolak dan H1 diterima. Model kooperatif tipe STAD berbantu nearpod berpengaruh positif terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi sistem imun. Model kooperatif tipe STAD berbantu nearpod dapat digunakan untuk memperbaiki hasil belajar kognitif siswa menjadi lebih baik.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | cooperative learning; hasil belajar; nearpod; sistem imun |
Subjects: | Biology Biology > Education, Research, Related Topics of Biology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Cintana Kanagari |
Date Deposited: | 20 Sep 2023 05:25 |
Last Modified: | 20 Sep 2023 05:25 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/78456 |
Actions (login required)
View Item |