Marzuqi, Muhammad Said (2023) Evaluasi usability aplikasi Fintech menggunakan metode Nielsen’s Attributtes of Usability (NAU). Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (389kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (142kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (150kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (261kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (591kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (513kB) | Request a copy |
||
|
Text
7_bab4.pdf Download (728kB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (136kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (152kB) | Request a copy |
Abstract
Aplikasi financial technology (fintech) telah mengalami pertumbuhan yang signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Salah satu penilaian yang ditinjau oleh pengguna dalam memilih aplikasi fintech yang digunakan adalah rating aplikasi yang diberikan oleh pengguna baik dari segi User Interface (UI) maupun User Experience (UX). Dalam penelitian ini studi kasus yang diangkat adalah evaluasi usability aplikasi fintech pada aplikasi GoPay telah dirilis pada awal Juli 2023. Tujuan dalam penelitian ini guna mengetahui nilai evaluasi usability aplikasi GoPay untuk menghasilkan rekomendasi perbaikan aplikasi. Untuk metode usability testing menggunakan metode Nielsen’s Attributtes of Usability (NAU) yang memiiki lima metrik pengujian yaitu learnability (mudah dipelajari), eficiency (tingkat efisiensi), memorability (mudah diingat), error (tingkat kesalahan), dan satisfaction (tingkat kepuasan). Hasil pengujian pertama pada metrik learnability mendapat hasil sebesar 100% dan pada pengujian kedua sebesar 100%. Hasil pengujian pada metrik efficiency mendapat hasil sebesar 100% dengan rata-rata durasi pengerjaan sebesar 29,35 detik per tugas. Hasil pengujian pada metrik memorability dilakukan dengan melakukan pengujian kedua pada metrik efficiency dan mendapat hasil sebesar 100% dengan tingkat rata-rata durasi pengerjaan sebesar 8,9 detik per tugas. Hasil pengujian pada metrik error mendapat hasil sebesar 0,060% yang berarti tingkat kesalahan pengguna tergolong kecil. Pengujian pada metrik satisfaction mendapat skor System Usability Scale (SUS) sebesar 74 yang berarti minat pengguna terhadap aplikasi cukup tinggi namun faktor usability pada aplikasi masih perlu diperbaiki berdasarkan hasil wawancara terhadap responden.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Usability Testing; Aplikasi GoPay; Nielsen’s Attributtes of Usability; System Usability Scale. |
Subjects: | Data Processing, Computer Science Data Processing, Computer Science > Computer and Human Data Processing, Computer Science > Systems Analysis and Computer Design Drawing and Drawings > Graphic Design, Illustration Drawings |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Teknik Informatika |
Depositing User: | Mr. Muhammad Said Marzuqi |
Date Deposited: | 27 Sep 2023 00:58 |
Last Modified: | 27 Sep 2023 00:58 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/78469 |
Actions (login required)
View Item |