Evaluasi usability aplikasi Fintech menggunakan metode Nielsen’s Attributtes of Usability (NAU)

Marzuqi, Muhammad Said (2023) Evaluasi usability aplikasi Fintech menggunakan metode Nielsen’s Attributtes of Usability (NAU). Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (389kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (261kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (591kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (513kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
7_bab4.pdf

Download (728kB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (136kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (152kB) | Request a copy

Abstract

Aplikasi financial technology (fintech) telah mengalami pertumbuhan yang signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Salah satu penilaian yang ditinjau oleh pengguna dalam memilih aplikasi fintech yang digunakan adalah rating aplikasi yang diberikan oleh pengguna baik dari segi User Interface (UI) maupun User Experience (UX). Dalam penelitian ini studi kasus yang diangkat adalah evaluasi usability aplikasi fintech pada aplikasi GoPay telah dirilis pada awal Juli 2023. Tujuan dalam penelitian ini guna mengetahui nilai evaluasi usability aplikasi GoPay untuk menghasilkan rekomendasi perbaikan aplikasi. Untuk metode usability testing menggunakan metode Nielsen’s Attributtes of Usability (NAU) yang memiiki lima metrik pengujian yaitu learnability (mudah dipelajari), eficiency (tingkat efisiensi), memorability (mudah diingat), error (tingkat kesalahan), dan satisfaction (tingkat kepuasan). Hasil pengujian pertama pada metrik learnability mendapat hasil sebesar 100% dan pada pengujian kedua sebesar 100%. Hasil pengujian pada metrik efficiency mendapat hasil sebesar 100% dengan rata-rata durasi pengerjaan sebesar 29,35 detik per tugas. Hasil pengujian pada metrik memorability dilakukan dengan melakukan pengujian kedua pada metrik efficiency dan mendapat hasil sebesar 100% dengan tingkat rata-rata durasi pengerjaan sebesar 8,9 detik per tugas. Hasil pengujian pada metrik error mendapat hasil sebesar 0,060% yang berarti tingkat kesalahan pengguna tergolong kecil. Pengujian pada metrik satisfaction mendapat skor System Usability Scale (SUS) sebesar 74 yang berarti minat pengguna terhadap aplikasi cukup tinggi namun faktor usability pada aplikasi masih perlu diperbaiki berdasarkan hasil wawancara terhadap responden.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Usability Testing; Aplikasi GoPay; Nielsen’s Attributtes of Usability; System Usability Scale.
Subjects: Data Processing, Computer Science
Data Processing, Computer Science > Computer and Human
Data Processing, Computer Science > Systems Analysis and Computer Design
Drawing and Drawings > Graphic Design, Illustration Drawings
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Teknik Informatika
Depositing User: Mr. Muhammad Said Marzuqi
Date Deposited: 27 Sep 2023 00:58
Last Modified: 27 Sep 2023 00:58
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/78469

Actions (login required)

View Item View Item