Strategi Public Relations dalam membangun citra SMA Negeri Tanjungsari Kabupaten Sumedang

Ainunnisa, Risma (2023) Strategi Public Relations dalam membangun citra SMA Negeri Tanjungsari Kabupaten Sumedang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
Cover.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
Daftar Isi.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (384kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (355kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (752kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (262kB)

Abstract

Strategi Public Relations dalam membangun citra SMA Negeri Tanjungsari Kabupaten Sumedang. SMA Negeri Tanjungsari merupakan salah satu sekolah di Kabupaten Sumedang dengan memiliki segudang prestasi akademik maupun non akademik. Pendidikan merupakan salah satu hal yang terpenting dalam kehidupan seseorang. Kualitas lingkungan sekolah akan mempengaruhi peserta didik, hal tersebut dapat ditentukan oleh citra atau reputasi sekolah. Humas sekolah merupakan garda terdepan dalam melayani publik, dan bertugas membangun citra sekolah. Seorang humas sebaiknya menggunakan strategi dalam membangun citra sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi Public Relations dalam membangun citra sekolah, di antaranya yaitu strategi operasional, pendekatan persuasif dan edukatif, serta pendekatan kerja sama. Penelitian ini menggunakan konsep strategi Public Relations dari Rosadi Ruslan, di antaranya yaitu strategi operasional dengan menerapkan publikasi internal dan eksternal, serta penyediaan ruang publik internal dan eksternal, pendekatan persuasif dan edukatif dengan menerapkan pesan informasi sekolah, kegiatan sekolah dan peraturan sekolah, serta pendekatan kerja sama dengan pemerintahan, dunia usaha/industri, dan media. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivistik dengan pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu deskriptif. Teknik pengumpulan data yaitu dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam membangun citra, humas SMA Negeri Tanjungsari menggunakan strategi operasional dengan menerapkan publikasi internal dan eksternal, yaitu mempublikasikan informasi tentang sekolah di media sosial dan website, serta penyediaan ruang publik internal dan eksternal dengan melalui tatap muka langsung dan media sosial Whatsapp. Pendekatan persuasif dan edukatif dengan menerapkan pesan informasi sekolah yaitu memberikan informasi mengenai sekolah, pesan informasi kegiatan sekolah yaitu memberikan informasi kegiatan yang dilaksanakan di sekolah, dan pesan informasi peraturan sekolah yaitu tata tertib dan etika yang harus dipatuhi siswa dan guru. Pendekatan kerja sama yaitu bekerja sama dengan pemerintahan misalnya dinas pendidikan, dinas kesehatan, dan sebagainya, dunia usaha/industri misalnya Telkomsel, Rabbani, dan sebagainya, serta media misalnya Pikiran Rakyat, Trans Online, dan sebagainya. Kata kunci: strategi public relations, humas, citra, sekolah, lembaga pendidikan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: strategi public relations; humas; citra; sekolah; lembaga pendidikan.
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: Risma Ainunnisa
Date Deposited: 20 Sep 2023 06:20
Last Modified: 20 Sep 2023 06:20
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/78488

Actions (login required)

View Item View Item