Pengaruh profesionalisme pustakawan terhadap mutu layanan perpustakaan di Madrasah Aliyah se-kecamatan Cileunyi

Zaenul Waton, Ahmad Huda (2023) Pengaruh profesionalisme pustakawan terhadap mutu layanan perpustakaan di Madrasah Aliyah se-kecamatan Cileunyi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (390kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II)
5_bab2.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB III)
6_bab3.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
8_bab5.pdf

Download (584kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf

Download (877kB) | Preview

Abstract

Layanan perpustakaan yang bermutu adalah upaya maksimal yang bisa diberikan oleh perpustakaan untuk memenuhi kebutuhan dan harapan pemustaka yang akhirnya timbul suatu kepuasan. Dalam menentukan suatu pelayanan berkualitas atau tidaknya perpustakaan adalah pemustaka sendiri, oleh karena itu sebagai sumber daya manusia yang mengelola perpustakaan maka pustakawan dituntut untuk bekerja dengan professional sesuai dengan profesionalisme pustawan terimplikasi pada kemampuannya baik itu pengetahuan, keterampilan maupun pengalamannya dalam mengelola pekerjaan dibidang kepustakawan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh profesionalisme pustakawan terhadap mutu layanan perpustakaan di MA se-kecamatan Cileunyi karena memiliki potensi perbaikan terhadap masalah pelayanan perpustakaan. penelitian ini dilakukan pada empat Madrasah Aliyah Swasta yaitu ; MA Al-Jawami, MA Ar-Raudloh, MA As-Sawiyah, dan MA Az-Zakiyyah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kuntitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket atau kusioner melalui google from yang disebar kepada responden sebanyak 50 sampel. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data statistik melalui aplikasi SPSS Versi 26. Hasil analisis data dan pengujian data dari penelitian ini yaitu Profesionalisme Pustakawan memiliki pengaruh secara signifikan ditunjukan dengan hasil dari uji regresi linear Fhitung sebesar 55.218 dengan tingkat signifikansinya yang memiliki nilai sebesar 0.000, yang artinya apabila nilai signifikanisnya < 0.05 maka terdapat korelasi atau pengaruh Profesionalisme pustakawan (X) terhadap Mutu Layanan Perpustakaan (Y). Hal ini berdasarkan pengujian analisis uji t memiliki Thitung sebesar 7.431 yang lebih besar dari T tabel sebesar 2.012 dengan taraf signifikansi 5% dan memiliki nilai probabilitas signifikansi 0.000 < 0.05 yang artinya bahwa terdapat pengaruh pada variable bebas terhadap variable terikat. Sedangkan, besaran pengaruh Profesionalisme pustakawan berdasarkan uji koefiensi determinasi memiliki nilai R Square sebesar 0.535 yang artinya variable independen Profesionalisme Pustakawan (X) memiliki nilai pengaruh kontribusi terhadap variable dependen Mutu Layanan Perpustakaan (Y) sebesar 53,5%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Profesionalisme, Pustakawan, Layanan
Subjects: Personnel Administration > Librarian
Operations, Archieves, Information Centers
Operations, Archieves, Information Centers > Service to Users
General Libraries, General Archieves, Information Centers Devoted to General Subjects and Disciplines > School Libraries
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ahmad Huda Zaenul Waton
Date Deposited: 21 Sep 2023 09:16
Last Modified: 21 Sep 2023 09:16
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/78521

Actions (login required)

View Item View Item