Fadhilah, Fitria Nurul (2023) Penerapan model pembelajaran Time Token untuk meningkatkan kemampuan mengemukakan pendapat siswa pada pembelajaran PPKn. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
COVER (1).pdf Download (106kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (47kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf Download (56kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (188kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (203kB) |
||
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (188kB) |
||
Text (BAB IV)
BAB IV (1).pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (52kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (118kB) |
Abstract
Berdasarkan hasil studi pendahuluan yang dilaksakan di MIN 2 Kota Bandung yaitu kurangnya kemampuan mengemukakan pendapat siswa dalam pembelajaran PPKn. Tujuan dari penelitian yang dilakukan adalah (1) Untuk mengetahui kemampuan mengemukakan pendapat siswa kelas IVB MIN 2 Kota Bandung pada proses pembelajaran PPKn sebelum diterapkan model pembelajaran time token. (2) Untuk mengetahui penerapan model time token terhadap kemampuan mengemukakan pendapat siswa kelas IVB MIN 2 Kota Bandung pada proses pembelajaran PPKn. (3) Untuk mengetahui kemampuan mengemukakan pendapat siswa kelas IVB MIN 2 Kota Bandung pada proses pembelajaran PPKn setelah diterapkan model pembelajaran time token pada setiap siklusnya. Metode penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model siklus Kemmis & Mc. Taggart dilaksanakan sebanyak tiga siklus. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa aktivitas mengajar guru dan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran time token selama tiga siklus berlangsung aktif dan meningkat. Pada siklus I persentase aktivitas guru sebesar 70%, pada siklus II sebesar 80% dan meningkat pada siklus III yaitu sebesar 97,5%. Adapun aktivitas belajar siswa juga mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 74%, pada siklus II sebesar 81% dan pada siklus III sebesar 90,25%. Kemampuan mengemukakan pendapat siswa mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Pada siklus I tindakan Idiperoleh nilai rata-rata 63,93 dengan kategori cukup dan ketuntasal klasikal mencapai 25,92%, siklus I tindakan II diperoleh rata-rata 69,22 berkategori cukup dengan ketuntasan klasikal 40,74%, kemudian pada siklus II siklus I diperoleh nilai rata-rata 72,26 dengan kategori cukup dan ketuntasan klasikal mencapi 55,56%, siklus II tindakan II diperoleh rata-rata 75 berkategori cukup dengan ketutasan klasikal sebesar 62,96%. Pada siklus III tindakan I diperoleh nilai rata-rata 80,93 dengan kategori baik dan ketuntasan klasikal sebesar 85,18%, dan siklus III tindakan II diperoleh rata-rata 86,11 dengan kategori baik dan ketuntasan klasikal 92,59%. Hal tersebut menunukkan bahwa hasil kemampuan mengemukakan pendapat mengalami peningkatan dengan diterapkannya model pembelajaran time token pada pembelajaran PPKn.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model pembelajaran; time token; kemampuan mengemukakan pendapat; |
Subjects: | Elementary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Fitria Nurul Fadhilah |
Date Deposited: | 20 Sep 2023 05:34 |
Last Modified: | 20 Sep 2023 05:34 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/78585 |
Actions (login required)
View Item |