Rahmawati, Alvira (2023) Pengaruh model pembelajaran Index Card Match berbantu Nearpod terhadap Higher Order Thinking Skills (HOTS) siswa pada materi ekosistem. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (16kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (156kB) | Preview |
|
|
Text
3_daftarisi.pdf Download (177kB) | Preview |
|
|
Text
4_bab1.pdf Download (271kB) | Preview |
|
Text
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (487kB) | Request a copy |
||
Text
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (252kB) | Request a copy |
||
Text
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (158kB) | Request a copy |
||
Text
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (251kB) | Request a copy |
Abstract
Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, dengan metode Quasi Eksperimen, desain penelitian yang digunakan adalah Non-Equivalent Control Group Design. Sampel penelitian dipilih melalui teknik Purposive Sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran pada aktivitas guru dan siswa memperoleh kriteria sangat baik. Peningkatan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa pada kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol, dengan memperoleh nilai hasil N-Gain pada kelas eksperimen sebesar 0,58 berkriteria sedang dan pada kelas kontrol memperoleh nilai hasil N-Gain sebesar 0,49 berkriteria sedang. Hasil uji hipotesis menggunakan perhitungan statistik uji Independent Sample T-test menunjukkan Sig. (2-tailed) 0,001 < 0,05 yang berarti Ha diterima dan H0 ditolak, maka terdapat perbedaan yang signifikan diantara kedua kelas. Respon siswa terhadap model pembalajaran index card match berbantu nearpod memperoleh kriteria baik dengan nilai rata-rata persentase sebesar 72%. Model pembelajaran index card match berbantu nearpod berpengaruh terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa pada materi ekosistem. Index card match berbantu nearpod dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif pembelajaran karena meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Berpikir tingkat tinggi; Ekosistem; Index card match; Nearpod. |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Public Schools Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Alvira Alvira Alvira Rahmawati |
Date Deposited: | 20 Sep 2023 06:11 |
Last Modified: | 20 Sep 2023 06:11 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/78604 |
Actions (login required)
View Item |