Pengaruh model pembelajaran Index Card Match berbantu Nearpod terhadap Higher Order Thinking Skills (HOTS) siswa pada materi ekosistem

Rahmawati, Alvira (2023) Pengaruh model pembelajaran Index Card Match berbantu Nearpod terhadap Higher Order Thinking Skills (HOTS) siswa pada materi ekosistem. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (271kB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (487kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (252kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB) | Request a copy
[img] Text
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB) | Request a copy

Abstract

Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, dengan metode Quasi Eksperimen, desain penelitian yang digunakan adalah Non-Equivalent Control Group Design. Sampel penelitian dipilih melalui teknik Purposive Sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran pada aktivitas guru dan siswa memperoleh kriteria sangat baik. Peningkatan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa pada kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol, dengan memperoleh nilai hasil N-Gain pada kelas eksperimen sebesar 0,58 berkriteria sedang dan pada kelas kontrol memperoleh nilai hasil N-Gain sebesar 0,49 berkriteria sedang. Hasil uji hipotesis menggunakan perhitungan statistik uji Independent Sample T-test menunjukkan Sig. (2-tailed) 0,001 < 0,05 yang berarti Ha diterima dan H0 ditolak, maka terdapat perbedaan yang signifikan diantara kedua kelas. Respon siswa terhadap model pembalajaran index card match berbantu nearpod memperoleh kriteria baik dengan nilai rata-rata persentase sebesar 72%. Model pembelajaran index card match berbantu nearpod berpengaruh terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa pada materi ekosistem. Index card match berbantu nearpod dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif pembelajaran karena meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Berpikir tingkat tinggi; Ekosistem; Index card match; Nearpod.
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Public Schools
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Alvira Alvira Alvira Rahmawati
Date Deposited: 20 Sep 2023 06:11
Last Modified: 20 Sep 2023 06:11
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/78604

Actions (login required)

View Item View Item