Selia, Elsa (2023) Pengaruh model pembelajaran Three Level Inquiry terhadap penguasaan konsep siswa pada materi ekosistem. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (77kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (182kB) | Preview |
|
|
Text
3_daftarisi.pdf Download (203kB) | Preview |
|
|
Text
4_bab1.pdf Download (372kB) | Preview |
|
Text
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (989kB) | Request a copy |
||
Text
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (484kB) | Request a copy |
||
Text
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (624kB) | Request a copy |
||
Text
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (247kB) | Request a copy |
||
Text
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (242kB) | Request a copy |
Abstract
Penguasaan konsep merupakan kemampuan yang penting dalam menguasai esensi sains yang dapat dikembangkan dalam pembelajaran three level inquiry. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran three level inquiry terhadap penguasaan konsep siswa pada materi ekosistem. Metode yang digunakan adalah quasi eksperiment dengan non-equivalent pretest-posttest control group design dengan 52 sampel di pilih melalui purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan keterlaksanaan pembelajaran menggunakan model three level inquiry memperoleh nilai 100% pada kinerja guru dan 98% pada aktivitas siswa. Peningkatan penguasaan konsep pada kelas eksperimen dan kontrol memperoleh nilai N-Gain sebesar 0,70 kriteria “tinggi” dan 0,58 kriteria “sedang”, perolehan nilai signifikansi pada uji mann whitney 0,039 < 0,05 artinya terdapat perbedaan peningkatan penguasaan konsep siswa antara kelas menggunakan model three level inquiry dan kelas tanpa model three level inquiry. Nilai effect size sebesar 0,67 dengan kategori “sedang”. Hasil respon siswa terhadap pembelajaran memperoleh nilai 82%. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dari penggunaan model pembelajaran three level inquiry terhadap penguasaan konsep siswa pada materi ekosistem. Model pembelajaran Three Level Inquiry sebagai alternatif model pembelajaran yang inovatif untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Ekosistem; Pengaruh; Penguasaan Konsep; Three Level Inquiry |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods Secondary Education > Upper Level Secondary School Biology > Education, Research, Related Topics of Biology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Selia Elsa |
Date Deposited: | 21 Sep 2023 01:57 |
Last Modified: | 21 Sep 2023 01:57 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/78635 |
Actions (login required)
View Item |