Pengaruh model pembelajaran Three Level Inquiry terhadap penguasaan konsep siswa pada materi ekosistem

Selia, Elsa (2023) Pengaruh model pembelajaran Three Level Inquiry terhadap penguasaan konsep siswa pada materi ekosistem. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (372kB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (989kB) | Request a copy
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (484kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (624kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB) | Request a copy
[img] Text
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB) | Request a copy

Abstract

Penguasaan konsep merupakan kemampuan yang penting dalam menguasai esensi sains yang dapat dikembangkan dalam pembelajaran three level inquiry. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran three level inquiry terhadap penguasaan konsep siswa pada materi ekosistem. Metode yang digunakan adalah quasi eksperiment dengan non-equivalent pretest-posttest control group design dengan 52 sampel di pilih melalui purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan keterlaksanaan pembelajaran menggunakan model three level inquiry memperoleh nilai 100% pada kinerja guru dan 98% pada aktivitas siswa. Peningkatan penguasaan konsep pada kelas eksperimen dan kontrol memperoleh nilai N-Gain sebesar 0,70 kriteria “tinggi” dan 0,58 kriteria “sedang”, perolehan nilai signifikansi pada uji mann whitney 0,039 < 0,05 artinya terdapat perbedaan peningkatan penguasaan konsep siswa antara kelas menggunakan model three level inquiry dan kelas tanpa model three level inquiry. Nilai effect size sebesar 0,67 dengan kategori “sedang”. Hasil respon siswa terhadap pembelajaran memperoleh nilai 82%. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dari penggunaan model pembelajaran three level inquiry terhadap penguasaan konsep siswa pada materi ekosistem. Model pembelajaran Three Level Inquiry sebagai alternatif model pembelajaran yang inovatif untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Ekosistem; Pengaruh; Penguasaan Konsep; Three Level Inquiry
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods
Secondary Education > Upper Level Secondary School
Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Selia Elsa
Date Deposited: 21 Sep 2023 01:57
Last Modified: 21 Sep 2023 01:57
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/78635

Actions (login required)

View Item View Item