Konten berita jurnalisme warga dalam media sosial kumparancom pandemi Covid-19 : Studi deskriftif mengenai konten penanganan virus Covid-19 ke masyarakat melalui Media Sosial Instagram Kumparancom

Ramadhan, Dika Nurhuda (2023) Konten berita jurnalisme warga dalam media sosial kumparancom pandemi Covid-19 : Studi deskriftif mengenai konten penanganan virus Covid-19 ke masyarakat melalui Media Sosial Instagram Kumparancom. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (248kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (392kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (254kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (160kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (121kB)

Abstract

Peran jurnalisme warga dalam membuat konten di media sosial instagram Kumparancom mengenai penanganan virus Covid-19 kepada masyarakat ini di pandang penting untuk diteliti karena dalam membuat konten di media social membutuhkan gagasan, riset, dan pandangan umum dengan narasumber untuk menjadi sebuah konten yang menarik. Penelitian ini mencari suatu subjek, suatu kondisi atau pun kilas peristiwa virus Covid-19 yang saat ini terjadi. Karena media sosial pada saat ini mempunyai kapasitas informasi yang padat, singkat, dan jelas serta lebih menarik perhatian publik untuk membaca dan mampu mengedukasinya. Fokus penelitian ini untuk mengetahui bagaimana Citizen Journalism (Jurnaslisme Warga) memberikan informasi aktual tentang virus Covid-19 di media instagram pada media Kumparancom, bagaimana strategi Citizen Journalism dalam membuat informasi menarik tentang virus Covid-19 di media instagram pada media Kumparan, dan bagaimana netizen (Masyarakat) dalam merespon pesan CitizenJournalism yang di sampaikan di media sosial instagram pada media sosial Kumparancom. Participatory media culture theory dari Henri Jenkins merupakan teori yang digunakan oleh penulis. Dari teori ini penulis mempelajari bagaimana memberikan masyarakat langkah-langkah untuk ikut aktif dalam bukan hanya konsumen tapi juga produsen media. Fenomena Citizen Journalism yang ada di tengah masyarakat saat ini akan mempermudah masyarakat untuk berperan dalam menanggapi pesan kepada sebuah media. Pendekatan kualitatif digunakan penulis karena data yang disusun dan dicari didapat dengan metode wawancara kepada masyarakat khususnya yang mempunyai media sosial instagram. Informasi yang dicari berkenaan dengan penanganan Virus Covid-19 pada media sosial instagram Kumparan.com. Hasil dari penelitian ini Citizen Journalism pada media Kumparancom dalam membuat konten mengenai penanganan virus Covid-19 di media sosial instagram mendapatkan pemahaman bahwa konten yang dibuat bukan sekedar informasi belaka, melainkan sebuah informasi penting akan bahayanya virus Covid-19 yang terjadi pada saat ini, selain itu konten yang dibuat dapat mengedukasi masyarakat mengenai cara penanganan dan bahanyanya virus Covid-19.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Citizen Journalism; Kumparancom; Instagram.
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Dika Nurhuda Ramadhan
Date Deposited: 20 Sep 2023 06:09
Last Modified: 20 Sep 2023 06:09
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/78649

Actions (login required)

View Item View Item