Strategi manajemen masjid untuk meningkatkan antusias jamaah dalam menghadiri program masjid: Penelitian di Masjid Besar Rengasdengklok

Wahyudi, Wahyudi (2023) Strategi manajemen masjid untuk meningkatkan antusias jamaah dalam menghadiri program masjid: Penelitian di Masjid Besar Rengasdengklok. Sarjana thesis, Universitas Islam Negri Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (CAVER)
CAVER.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI...pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I...pdf

Download (448kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II...pdf
Restricted to Registered users only

Download (335kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III...pdf
Restricted to Registered users only

Download (453kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB) | Request a copy

Abstract

Masjid Besar Rengasdengklok dengan arsiteknya yang megah dan kegiatannya yang produktif, salah satu upaya agar masjid dapat berperan menjadi center activity atau pusat kegiatan keagamaan sebagaimana yang terjadi pada zaman Nabi Muhamad SAW, sepanjang sejarah bahwa mahjid ialah pusat beradaban, keilmuan dan peribadatan kaum muslim. Tujuan dari penelitian ini (1) Untuk mengetahui konsep kepengurusan Masjid Besar Rengasdengklok dalam perencanaan kegiatan, (2) Untuk mengetahui tahapan-tahapan kesiapan pengurus Masjid Besar Rengasdengklok dalam pelaksanaan Program untuk meningkatkan antusias Jamaah, (3) Untuk mengetahui evaluasi program pelaksanaan kegiatan Masjid Besar Rengasdengklok. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori tentang Perinsip Manajemen , menurut George R. Terry (1977) yang dikutif adalah suatau proses yang berbeda terdiri dari (1) Planning (Perencanaan), (2) Organizing (Pengorganisasian), (3) Actuating (Penggerakan), dan (4) Controlling (Pengendalian). Penelitian ini menggunakan metode deskrpitif dengan pendekatan kualitatif dan teknik dalam pengumpulan data melalui observasi ,wawncara, dan studi dokumen. Berdasarkan hasil penelitian ini. Pertama, langkah pertama yang dillakukan pengurus Masjild Besar Rengasdengklok yaitu dengan membentuk kepengurusan masjid. Kedua, Program yang di selenggarakan oleh Masjid Besar Rengasdengklok bertujuan untuk menjalankan fungsi dan peran Masjid. Ketiga, adanya evaluasi dalam kegiatan ditinjau dari adanya hambatan dan tantangan dalam proses kegiatan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Konsep; Tahapan; Evaluasi;
Subjects: General Collection in Indonesia
General Management
Design of Structures > Design in Horizontal Plane
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Wahyudi Wahyudi Wahyudi
Date Deposited: 21 Sep 2023 01:48
Last Modified: 21 Sep 2023 01:48
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/78742

Actions (login required)

View Item View Item