Penerapan penilaian berbasis Computer Based test (CBT) dalam meningkatkan motivasi belajar dan kemandirian siswa pada mata pelajaran PADBP : Penelitian quasi eksperimen pada kelas x SMKN 1 Cikaum Subang

Suwangsih, Angsih (2023) Penerapan penilaian berbasis Computer Based test (CBT) dalam meningkatkan motivasi belajar dan kemandirian siswa pada mata pelajaran PADBP : Penelitian quasi eksperimen pada kelas x SMKN 1 Cikaum Subang. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (184kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (883kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB) | Request a copy

Abstract

Penilaian pembelajaran sudah mulai berubah, semula berbasis kertas (Paper Based Test) kini berbasis komputer (Computer Based Test). Pada tahun 2014 penyelenggaraan Ujian Nasional SMP/MTs, SMA/MA dan SMK pertama kali dilaksanakan dengan menggunakan CBT yang dikenal dengan sebutan UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer). Tidak semua sekolah siap melaksankan UNBK pada tahun tersebut, hanya beberapa sekolah percontohan saja. Hal ini terkendala sarana komputer yang kurang memadai. Perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat mengharuskan tiap lembaga pendidikan untuk memanfaatkannya dalam meningkatkan mutu layanan pembelajaran. Kehadiran CBT ini memberikan kemudahan kepada guru dan sekolah dalam melaksanakan proses penilaian, baik UNBK maupun penilaian lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi penerapan penilaian berbasis CBT pada mata pelajaran PADBP, perbedaan motivasi belajar siswa dengan menggunakan penilaian berbasis CBT dan penilaian konvensional pada mata pelajaran PADBP, perbedaan kemandirian siswa dengan menggunakan penilaian berbasis CBT dan penilaian konvensional pada mata pelajaran PADBP dan respon siswa terhadap penerapan penilaian berbasis CBT pada mata pelajaran PADBP pada kelas X SMKN 1 Cikaum Subang. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah studi eksperimen dengan jenis quasi eksperimen bentuk nonequivalent pre-test and post-test control group design. Populasi data yang dijadikan subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas X SMKN 1 Cikaum Subang terdiri dari kelas eksperimen dan kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan berupa observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Data dianalisis dengan menggunakan uji statistik. Hasil penelitian diketahui bahwa motivasi belajar siswa dengan menggunakan penilaian CBT mengalami peningkatan yang signifikan. Perolehan nilai mean pre-test 67,07 berada pada kategori cukup dan mengalami peningkatan (gain) sebesar 25,13 atau sebesar 30,36% sehingga diperoleh nilai mean post-test sebesar 92,20 berada pada kategori sangat baik. Fakta di atas membuktikan bahwa penggunaan penilaian CBT dapat meningkatkan motivasi belajar secara signifikan. Adapun pada kelas kontrol yang menggunakan penilaian konvensional perolehan nilai mean pre-test 72,43 berada pada kategori baik dan mengalami peningkatan (gain) sebesar 7,14 atau sebesar 0,71% sehingga diperoleh nilai mean post-test sebesar 79,57 berada pada kategori baik. Tidak adanya peningkatan signifikan pada siswa yang melakukan penilaian dengan metode konvensional. Penerapan penilaian CBT pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti siswa di kelas X RPL 1 SMKN 1 Cikaum Subang merupakan jenis penilaian yang tepat untuk diterapkan, hal ini di peroleh dari nilai rata-rata 87,38 % berada pada interval nomor 5 dengan rentang nilai 84,00 - 100% menunujukkan interpretasi sangat baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Penilaian CBT; Motivasi belajar; Kemandirian Siswa; Mata Pelajaran PADBP;
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Angsih Suwangsih
Date Deposited: 25 Sep 2023 00:34
Last Modified: 25 Sep 2023 00:34
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/78969

Actions (login required)

View Item View Item