Aktivitas Cyber Public Relations melalui Website dalam membentuk Citra Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat : Penelitian di Website disdik.jabarprov.go.id

Putri, Riskha Allysa (2023) Aktivitas Cyber Public Relations melalui Website dalam membentuk Citra Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat : Penelitian di Website disdik.jabarprov.go.id. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER_1.pdf

Download (499kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK 33.pdf

Download (621kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI-.pdf

Download (726kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB 1__.pdf

Download (903kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB 2_-.pdf
Restricted to Registered users only

Download (809kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB 4_PENUTUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (512kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA_.pdf
Restricted to Registered users only

Download (636kB)

Abstract

Dinas Pendidikan Provinsi Jawa barat melakukan penyesuaian dengan berbagai upaya untuk menyosialisasikan program-program yang dijalankan serta membentuk citra instansi dengan melibatkan aktivitas berbasis cyber public relations melalui website agar selaras dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi di era digital. Website merupakan salah satu media online tingkat pertama yang termasuk ke dalam pengembangan e-Government di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana sistem komputasi (computing), proses komunikasi (communication), dan pengelolaan konten media (content) pada aktivitas cyber public relations melalui website disdik.jabarprov.go.id dalam membentuk citra. Konsep 3C dalam teori konvergensi media yang dikembangkan oleh Henry Jenkins menjadi landasan dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme melalui pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui hasil observasi partisipasi pasif, wawancara, dan dokumentasi. Metode penelitian ini digunakan untuk memperoleh gambaran dan data faktual yang terjadi di lapangan mengenai aktivitas cyber public relations melalui website disdik.jabarprov.go.id dalam membentuk citra Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat telah melakukan aktivitas cyber public relations dengan mengacu kepada konsep 3C dalam teori konvergensi media Henry Jenkins yang bertujuan untuk memberikan kemudahan pada sistem pelayanan publik, membangun interaksi serta membina hubungan yang baik dengan publiknya, dan sebagai sarana menyampaikan informasi kepada publik sehingga akan membentuk sebuah citra positif instansi yang berfokus pada bidang pendidikan dan sebagai wujud dari implementasi e-government.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Citra; Cyber Public Relations; Konvergensi Media; Media Website
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: Riskha Allysa Putri
Date Deposited: 25 Sep 2023 05:47
Last Modified: 25 Sep 2023 05:47
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/79027

Actions (login required)

View Item View Item