Pengaruh program Berita Dunia Islam 102.7 MQ FM terhadap minat pendengar mengirimkan Feedback : Penelitian pada anggota komunitas Forum Silaturahmi MQ FM

Basyari, Rasyida Isma (2021) Pengaruh program Berita Dunia Islam 102.7 MQ FM terhadap minat pendengar mengirimkan Feedback : Penelitian pada anggota komunitas Forum Silaturahmi MQ FM. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (477kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (864kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (618kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (745kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB) | Request a copy

Abstract

Media massa memiliki peran dalam mempengaruhi sikap khalayak sebagai penerima informasi. Jika sebuah media memiliki konsep unik dalam program beritanya, maka akan memancing minat khalayak terhadap program tersebut. Salah satunya program Berita Dunia Islam 102.7 MQ FM yang mempersilahkan pendengarnya untuk memilih berita yang akan disampaikan. Tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh yang dihasilkan oleh program Berita Dunia Islam 102.7 MQ FM terhadap minat pendengarnya untuk mengirimkan feedback. Pendengar yang dimaksud adalah komunitas Forum Silaturahmi MQ FM karena anggotanya merupakan pendengar setia 102.7 MQ FM. Teori Agenda Setting menekankan pada pembentukan program dalam media massa. McCombs dan Shaw berpendapat bahwa media massa memiliki pengaruh tertentu terhadap khalayaknya, namun hasil pengaruhnya akan berbeda-beda bagi tiap masing-masing penerima informasi. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan melibatkan 2 variabel penelitian yaitu, program Berita Dunia Islam sebagai variabel X, dan minat pendengar mengirimkan feedback sebagai variabel Y. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda untuk mengetahui hasil pengaruh dari variabel yang diteliti. Pengumpulan data dilakukan dengan metode survei dengan menyebarkan kuesioner kepada 38 responden yang memenuhi kriteria penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa program Berita Dunia Islam 102.7 MQ FM secara simultan memiliki pengaruh terhadap minat pendengarnya untuk mengirimkan feedback. Namun secara parsial, tidak semua kategori variabel X memberikan pengaruh secara langsung. Secara keseluruhan pengaruh dari program Berita Dunia Islam cukup memiliki pengaruh terhadap minat pendengar mengirimkan feedback sebesar 63.4%, sedangkan faktor yang mempengaruhi minat pendengar mengirimkan feedback terdapat 36.6% dari variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh; Media Radio; Minat Pendengar;
Subjects: Journalism and Newspapers in Indonesia
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: rasyida isma basyari
Date Deposited: 02 Oct 2023 01:19
Last Modified: 02 Oct 2023 01:19
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/79209

Actions (login required)

View Item View Item