Pengaruh model PjBL berbasis Bioentrepreneurship terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa pada materi Jamur

Mujahidah, Indah Siti Nurwalidah (2023) Pengaruh model PjBL berbasis Bioentrepreneurship terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa pada materi Jamur. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB 1.pdf

Download (229kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (783kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (339kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (360kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (57kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran biologi pada materi jamur cenderung menggunakan model konvensional, sehingga berpengaruh terhadap rendahnya keterampilan berpikir kreatif siswa. Siswa tampak kesulitan untuk mengemukakan pendapat atau jawaban secara kreatif. Adanya model PjBL berbasis Bioentrepreneurship sebagai inovasi model pembelajaran yang dapat diterapkan. Meninjau model tersebut dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa di salah satu SMA Sumedang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model PjBL berbasis Bioentrepreneurship terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa. Metode penelitian yang digunakan yaitu Quasi-Eksperimental dengan desain nonequivalent control grup design terdiri dari 2 kelompok yakni kelas eksperimen dan kontrol. Teknik pengumpulan data melalui lembar angket, wawancara dan observasi. Sampel dipilih dengan teknik Purposive Sampling, berdasarkan dari tingkat konduksif dan keaktipan kedua kelas tersebut. Kelas X-1 sebagai kelas eksperimen berjumlah 40 orang dan X-2 sebagai kelas kontrol sekitar 39 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas yang menggunakan model PjBL berbasis Bioentrepreneurship memiliki rata-rata pretest 46 dan posttest 73, sedangkan pada kelas tanpa menggunakan model tersebut memiliki rata-rata pretest 41 dan posttest 57. Adapun nilai rata-rata N-Gain diperoleh sebesar 0,49 pada kelas eksperimen sedangkan pada kelas kontrol diperoleh sebesar 0,39. Dengan adanya peningkatan N-Gain sebesar 0,11 pada pembelajaran yang menggunakan model PjBL berbasis bioentrepreneurship menunjukkan bahwa model tersebut dapat meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa. Hasil Uji Independent Sample T-Test melalui aplikasi SPSS versi 26 pada kelas eksperimen memperoleh nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 yaitu sebesar 0,000. Hasil tersebut artinya terdapat pengaruh model PjBL berbasis bioentrepreneurship terhadap keterampilan berpikir kreatif pada materi jamur. Hal tersebut didukung dengan hasil respon positif siswa dengan menggunakan model PjBL Bioentrepreneurship mendapatkan nilai respon lebih tinggi sebesar 89% berkategori sangat baik dari pada pembelajaran tanpa menggunakan model PjBL Bioentrepreneurship sebesar 74% dengan kategori baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Model PjBL; Bioentrepreneurship; Berpikir Kreatif; Fungi; Respon Siswa
Subjects: Biology
Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Education and Research of Literatures
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Indah Siti Nurwalidah Mujahidah
Date Deposited: 27 Sep 2023 05:21
Last Modified: 27 Sep 2023 05:21
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/79240

Actions (login required)

View Item View Item