Hidayat, Taufiq (2023) Pengaruh e-Commerce terhadap perilaku konsumtif mahasiswa di Jakarta Selatan : Survey pada 100 mahasiswa pengguna Shopee di UPN Veteran Jakarta. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (29kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (104kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (134kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (271kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (197kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (238kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (493kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (54kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpsutaka.pdf Restricted to Registered users only Download (140kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi kehidupan mahasiswa yang termasuk dalam kategori konsumtif, karena tidak lagi bisa membedakan mana yang menjadi kebutuhan mana yang hanya keinginan, Shopee menjadi wadah untuk berbelanja secara online yang memudahkan mahasiswa untuk memenuhi keinginannya. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa UPN Veteran Jakarta, mengingat kota Jakarta menjadi salah satu kota yang memiliki jumlah penduduk yang banyak belanja online. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Shopee terhadap perilaku konsumtif mahasiswa UPN Veteran Jakarta. Tujuan yang selanjutnya yaitu untuk mengetahui berapa besar persentase pengaruh Shopee terhadap perilaku konsumtif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori hiperrealitas dari Jean Baudrillard. Teori tersebut menjelaskan Masyarakat mengalami simulasi yang dimana tidak lagi bisa membedakan antara kebenaran dengan kepalsuan. Teori ini digunakan untuk menguji teori pada penelitian ini mengenai pengaruh Shopee terhadap perilaku konsumtif mahasiswa UPN Veteran Jakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian kausal. Jumlah sampel sebanyak 100 responden. Pengujian analisis dengan menggunakan uji data penelitian, uji koefisien determinasi dan juga uji hipotesis. Teknik analisisnya menggunakan regresi linear sederhana. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan SPSS 25. Data yang diperoleh dari penelitian ini melalui data primer yang didapatkan dari kuesioner dan dilengkapi dengan data sekunder yang didapatkan melalui penelitian terdahulu, jurnal-jurnal atau artikel dari website yang sesuai dengan kebutuhan peneliti. Hasil penelitian menujukkan bahwa terdapat pengaruh antara Shopee (X) terhadap perilaku konsumtif (Y). Hal ini dibuktikan dengan uji t, bahwa t-hitung (7,449) > t-tabel (1,98447). Diperkuat kembali dengan nilai signifikan < 0,05 (0,000< 0,05), maka H0 ditolak dan H1 diterima. Hasil dari uji regresi linear sederhana menghasilkan persamaan Y=10,698+0,938 dan memiliki nilai koefisien yang positif. Sehingga dikatakan bahwa Shopee memiliki pengaruh terhadap perilaku konsumtif mahasiswa UPN Veteran Jakarta. Selanjutnya besaran persentase Shopee mempengaruhi perilaku konsumtif yaitu sebesar 36,2% terhadap perilaku konsumtif. Sisanya 63,8% dipengaruhi oleh variabel lain, seperti gaya hidup, trend, hingga kebudayaan dari Masyarakat itu sendiri.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengaruh; Perilaku konsumtif; Shopee |
Subjects: | Sociology and Anthropology, Society Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi |
Depositing User: | Taufiq Hidayat |
Date Deposited: | 02 Oct 2023 02:37 |
Last Modified: | 02 Oct 2023 02:41 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/79429 |
Actions (login required)
View Item |