Pengaruh e-Commerce terhadap perilaku konsumtif mahasiswa di Jakarta Selatan : Survey pada 100 mahasiswa pengguna Shopee di UPN Veteran Jakarta

Hidayat, Taufiq (2023) Pengaruh e-Commerce terhadap perilaku konsumtif mahasiswa di Jakarta Selatan : Survey pada 100 mahasiswa pengguna Shopee di UPN Veteran Jakarta. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (271kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (493kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (54kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpsutaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (140kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi kehidupan mahasiswa yang termasuk dalam kategori konsumtif, karena tidak lagi bisa membedakan mana yang menjadi kebutuhan mana yang hanya keinginan, Shopee menjadi wadah untuk berbelanja secara online yang memudahkan mahasiswa untuk memenuhi keinginannya. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa UPN Veteran Jakarta, mengingat kota Jakarta menjadi salah satu kota yang memiliki jumlah penduduk yang banyak belanja online. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Shopee terhadap perilaku konsumtif mahasiswa UPN Veteran Jakarta. Tujuan yang selanjutnya yaitu untuk mengetahui berapa besar persentase pengaruh Shopee terhadap perilaku konsumtif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori hiperrealitas dari Jean Baudrillard. Teori tersebut menjelaskan Masyarakat mengalami simulasi yang dimana tidak lagi bisa membedakan antara kebenaran dengan kepalsuan. Teori ini digunakan untuk menguji teori pada penelitian ini mengenai pengaruh Shopee terhadap perilaku konsumtif mahasiswa UPN Veteran Jakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian kausal. Jumlah sampel sebanyak 100 responden. Pengujian analisis dengan menggunakan uji data penelitian, uji koefisien determinasi dan juga uji hipotesis. Teknik analisisnya menggunakan regresi linear sederhana. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan SPSS 25. Data yang diperoleh dari penelitian ini melalui data primer yang didapatkan dari kuesioner dan dilengkapi dengan data sekunder yang didapatkan melalui penelitian terdahulu, jurnal-jurnal atau artikel dari website yang sesuai dengan kebutuhan peneliti. Hasil penelitian menujukkan bahwa terdapat pengaruh antara Shopee (X) terhadap perilaku konsumtif (Y). Hal ini dibuktikan dengan uji t, bahwa t-hitung (7,449) > t-tabel (1,98447). Diperkuat kembali dengan nilai signifikan < 0,05 (0,000< 0,05), maka H0 ditolak dan H1 diterima. Hasil dari uji regresi linear sederhana menghasilkan persamaan Y=10,698+0,938 dan memiliki nilai koefisien yang positif. Sehingga dikatakan bahwa Shopee memiliki pengaruh terhadap perilaku konsumtif mahasiswa UPN Veteran Jakarta. Selanjutnya besaran persentase Shopee mempengaruhi perilaku konsumtif yaitu sebesar 36,2% terhadap perilaku konsumtif. Sisanya 63,8% dipengaruhi oleh variabel lain, seperti gaya hidup, trend, hingga kebudayaan dari Masyarakat itu sendiri.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh; Perilaku konsumtif; Shopee
Subjects: Sociology and Anthropology, Society
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Taufiq Hidayat
Date Deposited: 02 Oct 2023 02:37
Last Modified: 02 Oct 2023 02:41
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/79429

Actions (login required)

View Item View Item