Reportase wartawan media cetak masa pandemi Covid-19 : Studi fenomenologi tentang Pemaknaan, Pemahaman dan Pengalaman Liputan wartawan Koran Gala

Elanta, Indah (2023) Reportase wartawan media cetak masa pandemi Covid-19 : Studi fenomenologi tentang Pemaknaan, Pemahaman dan Pengalaman Liputan wartawan Koran Gala. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI....pdf

Download (472kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (598kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (463kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (694kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (447kB)

Abstract

Covid-19 telah menelan banyak korban sehingga ditetapkan sebagai pandemi oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Saat kondisi seperti ini tentu saja media sangat dibutuhkan dalam menyampaikan informasi yang akurat dan mendidik ke publik. Wartwan media cetak merupakan salah satu profesi yang melakukan ritual jurnalistik untuk mendapatkan berita yang bersifat aktual, faktual dan mengandung nilai kebenaran. Demi mendapatkan berita, wartawan tentunya rela dan harus terjun ke lokasi kejadian untuk melakukan peliputan dan bertemu dengan narasumber bahkan melakukan pengambilan gambar. Sehingga profesi wartawan khususnya wartawan media cetak sangat mempunyai resiko paling tinggi terpapar Covid-19. Wartawan media cetak Koran Gala yang melakukan peliputan berita di masa pandemi Covid-19 menjadi objek pada penelitian ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pemaknaan, pemahaman dan pengalaman wartawan media cetak saat melakukan peliputan berita di masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan paradigma kontruktivisme dengan pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan adalah fenomenologi yang dikemukakan oleh Alfred Schutz dengan teknik mengumpulkan data melalui observasi dan wawancara mendalam terhadap wartawan media cetak. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa aspek pemaknaan wartawan Koran Gala saat melakukan peliputan di masa pandemi Covid-19 ditujukan dengan menganggap penting startegi peliputan dan protokol kesehatan. Aspek pemahaman, wartawan Koran Gala memahami tahapan proses peliputan dengan mempunyai starteginya masing-masing yang dibarengi dengan menerapkan protokol kesehatan. Pada aspek pengalaman, wartawan Koran Gala mendapati banyak perbedaan peliputan saat dan sebelum pandemi Covid-19. Wartawan Koran Gala juga mengalami berbagai hambatan dan tantangan saat melakukan peliputan di masa pandemi Covid-19 seperti adanya ketakutan tertular Covid-19 dan kegiatan yang serba dibatasi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Fenomenologi; Wartawan; Koran Gala; Pandemi Covid-19; Liputan Berita
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Indah Elanta
Date Deposited: 06 Oct 2023 01:40
Last Modified: 06 Oct 2023 01:40
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/79701

Actions (login required)

View Item View Item