Pengaruh model pembelajaran RMS (Reading, Mind mapping, and Sharing) teradap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi virus

Muttaqin, Yanwar Habibul (2023) Pengaruh model pembelajaran RMS (Reading, Mind mapping, and Sharing) teradap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi virus. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (461kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (712kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (620kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (429kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (435kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk pembaharuan pembelajaran dalam meningkatkan kualitas belajar siswa yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran RMS (Reading, Mind Mapping, and Sharing) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran biologi materi virus. perkembangan dimasa sekarang berpikir kritis merupakan salah satu kemampuan dasar untuk meningkatkan kemampuan lainnya, banyak siswa yang kurang dalam minat membaca dan kurangnya kemampuan siswa dalam menyelesaikan suatu masalah. Penelitian ini menggunakan metode metode quasi eksperiment dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan cara purposive sampling. Sampel yang digunakan yaitu kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 3 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data berupa instrument tes yaitu pretest dan posttest. Hasil dari penelitian ini yaitu keterlaksanaan aktivitas guru dan siswa sebesar 96% setelah menggunakan model pembelajaran RMS (Reading, Mind Mapping, and Sharing). Hasil dari pengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa berdasarkan hasil analisis pada uji t yaitu sebesar 0,02 < 0,05 yang menunjukan adanya pengaruh yang signifikan. Siswa merespon positif dalam proses pembelajaran dengan rata-rata nilai 77%. Nilai rata-rata pada setiap aspek tersebut menunjukan interpretasi baik terhadap pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran RMS (Reading, Mind Mapping, and Sharing) pada materi virus.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran RMS; kemampuan berpikir kritis; siswa; virus
Subjects: Education
Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Yanwar Habibul Muttaqin
Date Deposited: 11 Oct 2023 03:33
Last Modified: 11 Oct 2023 03:37
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/79985

Actions (login required)

View Item View Item