Muttaqin, Yanwar Habibul (2023) Pengaruh model pembelajaran RMS (Reading, Mind mapping, and Sharing) teradap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi virus. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (217kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (204kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (310kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (461kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (712kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (620kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (429kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (204kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (435kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk pembaharuan pembelajaran dalam meningkatkan kualitas belajar siswa yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran RMS (Reading, Mind Mapping, and Sharing) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran biologi materi virus. perkembangan dimasa sekarang berpikir kritis merupakan salah satu kemampuan dasar untuk meningkatkan kemampuan lainnya, banyak siswa yang kurang dalam minat membaca dan kurangnya kemampuan siswa dalam menyelesaikan suatu masalah. Penelitian ini menggunakan metode metode quasi eksperiment dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan cara purposive sampling. Sampel yang digunakan yaitu kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 3 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data berupa instrument tes yaitu pretest dan posttest. Hasil dari penelitian ini yaitu keterlaksanaan aktivitas guru dan siswa sebesar 96% setelah menggunakan model pembelajaran RMS (Reading, Mind Mapping, and Sharing). Hasil dari pengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa berdasarkan hasil analisis pada uji t yaitu sebesar 0,02 < 0,05 yang menunjukan adanya pengaruh yang signifikan. Siswa merespon positif dalam proses pembelajaran dengan rata-rata nilai 77%. Nilai rata-rata pada setiap aspek tersebut menunjukan interpretasi baik terhadap pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran RMS (Reading, Mind Mapping, and Sharing) pada materi virus.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran RMS; kemampuan berpikir kritis; siswa; virus |
Subjects: | Education Biology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Yanwar Habibul Muttaqin |
Date Deposited: | 11 Oct 2023 03:33 |
Last Modified: | 11 Oct 2023 03:37 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/79985 |
Actions (login required)
View Item |