Farras, Zaky Haidar (2023) Perlindungan konsumen terkait barang Refund yang dijual di toko online dihubungkan dengan Pasal 4 Undang-Undang no 8 tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen : Studi kasus Platform Tokopedia. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1. cover.pdf Download (338kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2. abstrak.pdf Download (220kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3. daftar isi.pdf Download (228kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4. bab 1.pdf Download (396kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5. bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (627kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6. bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (444kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7. bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (410kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (229kB) | Request a copy |
Abstract
Perlindungan konsumen merupakan upaya untuk menjamin adanya kepastian hukum kepada konsumen apabila hak-hak konsumen tidak terpenuhi. Salahsatu bentuk perlindungan konsumen adalah refund yaitu bentuk pengembalian barang akibat dibatalkannya atau tidak dijalankannya suatu kewajiban oleh pelaku usaha. Peraturan mengenai refund telah dibentuk baik dalam Undang-Undang Perlindungan Konsumen ataupun dalam aturan khusus platform Tokopedia untuk memenuhi hak-hak konsumen, tetapi demikian masih ditemukan kasus wanprestasi berbentuk refund yang terjadi pada platform Tokopedia. Sehingga hal ini menjadi analisis Perlindungan Konsumen Terkait Barang Refund Yang Dijual Di Toko Online Dihubungkan Dengan Pasal 4 Undang-Undang No 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perlindungan konsumen terhadap jual beli online dihubungkan dengan Pasal 4 Undang-Undang No 8 Tahun 1999 dan mengetahui upaya perlindungan hukum terhadap konsumen yang dirugikan pada proses transaksi refund dalam jual beli online. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori mengenai perlindungan konsumen dalam perspektif hukum positif Indonesia dengan analisis berdasarkan Undang-Undang No 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif analitis dengan metode pendekatan yuridis normatif, data diperoleh dari hasil penelitian studi pustaka dan penelitian lapangan, penelitian ini dilakukan platform Tokopedia. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Perlindungan konsumen terkait refund di pfatform Tokopedia tidak terpenuhi sebagaimana perjanjian yang disepakati dan hak konsumen yang diatur dalam Pasal 4 angka (8) Undang-Undang Perlindungan Konsumen yaitu penggantian apabila barang dan atau jasa yang diterima tidak sesuai dengan perjanjian; (2) Upaya perlindungan hukum terhadap konsumen yang dirugikan dalam proses refund pada transaksi jual beli online di Tokopedia dapat diselesaikan melalui Pengadilan (Litigasi) yaitu dengan gugatan sederhana dan Non Litigasi yaitu dengan alternatif penyelesaian sengketa (konsultasi, negosiasi mediasi, konsiliasi) dan dengan arbitrase online.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perlindungan Konsumen; Transaksi Elektronik; Refund |
Subjects: | Law > General Publications of Law Private Law General Management > Consumer Behavior |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Ilmu Hukum |
Depositing User: | zaky haidar farras |
Date Deposited: | 12 Oct 2023 05:13 |
Last Modified: | 12 Oct 2023 05:13 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/80023 |
Actions (login required)
View Item |