Perlindungan konsumen terkait barang Refund yang dijual di toko online dihubungkan dengan Pasal 4 Undang-Undang no 8 tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen : Studi kasus Platform Tokopedia

Farras, Zaky Haidar (2023) Perlindungan konsumen terkait barang Refund yang dijual di toko online dihubungkan dengan Pasal 4 Undang-Undang no 8 tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen : Studi kasus Platform Tokopedia. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1. cover.pdf

Download (338kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. abstrak.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3. daftar isi.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4. bab 1.pdf

Download (396kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5. bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (627kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6. bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (444kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7. bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (410kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB) | Request a copy

Abstract

Perlindungan konsumen merupakan upaya untuk menjamin adanya kepastian hukum kepada konsumen apabila hak-hak konsumen tidak terpenuhi. Salahsatu bentuk perlindungan konsumen adalah refund yaitu bentuk pengembalian barang akibat dibatalkannya atau tidak dijalankannya suatu kewajiban oleh pelaku usaha. Peraturan mengenai refund telah dibentuk baik dalam Undang-Undang Perlindungan Konsumen ataupun dalam aturan khusus platform Tokopedia untuk memenuhi hak-hak konsumen, tetapi demikian masih ditemukan kasus wanprestasi berbentuk refund yang terjadi pada platform Tokopedia. Sehingga hal ini menjadi analisis Perlindungan Konsumen Terkait Barang Refund Yang Dijual Di Toko Online Dihubungkan Dengan Pasal 4 Undang-Undang No 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perlindungan konsumen terhadap jual beli online dihubungkan dengan Pasal 4 Undang-Undang No 8 Tahun 1999 dan mengetahui upaya perlindungan hukum terhadap konsumen yang dirugikan pada proses transaksi refund dalam jual beli online. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori mengenai perlindungan konsumen dalam perspektif hukum positif Indonesia dengan analisis berdasarkan Undang-Undang No 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif analitis dengan metode pendekatan yuridis normatif, data diperoleh dari hasil penelitian studi pustaka dan penelitian lapangan, penelitian ini dilakukan platform Tokopedia. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Perlindungan konsumen terkait refund di pfatform Tokopedia tidak terpenuhi sebagaimana perjanjian yang disepakati dan hak konsumen yang diatur dalam Pasal 4 angka (8) Undang-Undang Perlindungan Konsumen yaitu penggantian apabila barang dan atau jasa yang diterima tidak sesuai dengan perjanjian; (2) Upaya perlindungan hukum terhadap konsumen yang dirugikan dalam proses refund pada transaksi jual beli online di Tokopedia dapat diselesaikan melalui Pengadilan (Litigasi) yaitu dengan gugatan sederhana dan Non Litigasi yaitu dengan alternatif penyelesaian sengketa (konsultasi, negosiasi mediasi, konsiliasi) dan dengan arbitrase online.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Perlindungan Konsumen; Transaksi Elektronik; Refund
Subjects: Law > General Publications of Law
Private Law
General Management > Consumer Behavior
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Ilmu Hukum
Depositing User: zaky haidar farras
Date Deposited: 12 Oct 2023 05:13
Last Modified: 12 Oct 2023 05:13
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/80023

Actions (login required)

View Item View Item