Nugraha, Aditya Rifqi (2023) Penerapan Tagline “Pria Punya Selera”sebagai Branding Product Identity PT. Gudang Garam Tbk. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (Cover)
1_Cover.pdf Download (293kB) | Preview |
|
|
Text (Abstrak)
2_Abstrak.pdf Download (362kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
daftar isi.pdf Download (714kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
3_BAB I.pdf Download (500kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
4_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (440kB) |
||
Text (BAB III)
5_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB IV)
6_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (334kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
7_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (342kB) |
Abstract
Branding merupakan upaya yang dilakukan seorang humas untuk memberikan simbol ciri khas tertentu terhadap suatu perusahaan ataupun produk, sehingga menjadi identitas tersendiri, dan dari simbol-simbol tersebut akan membedakan produk yang dikeluarkan oleh perusahaan tersebut dengan produk sejenis yang dikeluarkan oleh perusahaan yang lainnya. Sudah bukan hal yang tabu bahwa pembentukan brand awareness ini merupakan bagian dari tugas seorang humas. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi bagaimana cara PT Gudang Garam Tbk mengimplementasikan tagline “Pria Punya Selera” sebagai branding identity product. Penelitian ini merujuk pada prinsip-prinsip empat langkah dalam Public Relations yang diajukan oleh Cutlip, Center, dan Broom. Prinsip ini melibatkan tahap identifikasi fakta di lapangan (fact finding), perencanaan dan penyusunan program (planning and programming), pelaksanaan tindakan dan komunikasi (taking action and communication), serta proses evaluasi (evaluation). Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif, dan metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Selain itu, penelitian ini dilakukan dengan menggunakan paradigma konstruktivisme, dan teknik pengumpulan data dengan cara observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilakukan, didapatkan informasi bahwa dalam rangka penerapan tagline “Pria Punya Selera” sebagai branding identity product sesuai dengan konsep four steps public relations yang diawali dengan proses planning melalui mengetahui opini publik mengenai perusahaan dan mempersiapkan media yang hendak digunakan, dilanjutkan tahap implementasi tagline dengan sosialisasi dan monitoring penerapan tagline, serta tahap memperhatikan indikator keberhasilan tagline melalui munculnya brand awareness, serta adanya peningkatan penjualanan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hubungan Masyarakat; Tagline; Branding |
Subjects: | Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication Business > Education, Research, Related Topics of Business |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat |
Depositing User: | Aditya Rifqi Nugraha |
Date Deposited: | 12 Oct 2023 04:43 |
Last Modified: | 12 Oct 2023 04:43 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/80065 |
Actions (login required)
View Item |