Pengaruh pelatihan administrasi perkantoran terhadap efektivitas kerja Pegawai Tata Usaha : Penelitian di Madrasah Tsanawiyah Negeri se-Kabupaten dan Kota Bandung

Jaelani, Zaki (2023) Pengaruh pelatihan administrasi perkantoran terhadap efektivitas kerja Pegawai Tata Usaha : Penelitian di Madrasah Tsanawiyah Negeri se-Kabupaten dan Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunug Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (352kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (432kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (510kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (634kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3..pdf
Restricted to Registered users only

Download (509kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (800kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (354kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan yang telah dilakukan peneliti di Madrasah Tsanawiyah Negeri se-Kabupaten dan Kota Bandung melalui proses pengamatan serta observasi awal dengan kepala Tata Usaha mengungkapkan bahwa masih banyak staf yang belum mengerti tentang pengelolaan bagian Tata Usaha yang menangani berbagai keperluan administratif madrasah, kurangnya tenaga ahli administrasi dalam mempelajari konsep keadministrasian. hal ini dikarenakan banyaknya faktor-faktor yang dapat mempengaruhi efektifitas kerja pegawai Tata usaha sehingga kualitas dan kuantitas pegawai menurun. Salah satu alasan adanya pelatihan-pelatihan yang diikuti oleh tata usaha, diharapkan staf tata usaha akan lebih paham dengan dunia kerja, dapat mengembangkan kompetensi dan kepribadiannya . Oleh karena itu peneliti tertarik untuk melakukan studi penelitian mengenai pengaruh pelatihan administrasi perkantoran terhadap efektivitas keja tata usaha di madrasah se-kabupaten dan kota bandung. Tujuan penelitian ini adalah untuk : 1) Mendeskripsikan pelatihan administrasi perkantoran di tata usaha di Madrasah Tsanawiyah Negeri se-Kabupaten dan Kota Bandung. 2) Mendeskripsikan efektivitas kerja pegawai tata usaha di Madrasah Tsanawiyah Negeri se-Kabupaten dan Kota Bandung. 3) Menganalisis pengaruh pelatihan administrasi perkantoran terhadap efektivitas kerja pegawai tata usaha di Madrasah Tsanawiyah Negeri se-Kabupaten dan Kota Bandung. Metode penelitian ini menggunakan penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif yaitu degan metode ex-post facto.Data dikumpulkan melalui survei menggunakan angket dengan sampel berjumlah 42 responden yaitu pegawai tata usaha di madrasah. Adapun teknik analisis data enggunakan 5 metode yaitu Uji Instrumen ( validitas dan reliabilitas), uji parsial perindikator, uji normalitas, uji hipotesis ( Uji f dan uji t ) dan Uji regresi liner sederhana. Hasil penelitian menunjukan berdasarkan dari hasil analisis bahwa : 1) Pelatihan Administrasi Perkantoran di Madrasah Tsanawiyah Negeri se-kabupaten dan kota Bandung memperoleh nilai mean sebesar 3,44 yang berada pada interval 3,40 – 4,19 yaitu termasuk kedalam kualifikasi “Tinggi’. 2) efektivitas kerja memperoleh nilai mean sebesar 3,22 yang berada pada interval 2,60 – 3,39 yaitu termasuk kedalam kualifikasi “Cukup”. 3) Terdapat Pengaruh Pelatihan administrasi perkantoran terhadap efektitas kerja tata usaha di Madrasah Tsanawiyan Negeri se-Kabupaten dan Kota Bandung memperoleh nilai 0,001 < 0,05 yang artinya bahwa Pelatihan administrasi perkantoran dan efektivitas kerja tata usaha terdapat korelasi atau hubungan. Kemudian koefisien korelasi (R Square) sebagaimana tabel 4.26 menunjukkan angka sebesar 0,242 yang artinya bahwa pengaruh variabel X (Pelatihan administrasi perkantoran) terhadap variabel Y (efektivitas kerja pegawai tata usaha) sebesar 24,4% sedangkan sisanya 75,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti oleh peneliti.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pelatihan; Administrasi; Efektivitas
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > School Administration
Office Services > Office Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: zaki jaelani
Date Deposited: 17 Oct 2023 06:38
Last Modified: 17 Oct 2023 06:38
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/80068

Actions (login required)

View Item View Item